Riadi, Agus (2011) STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA ANTARA PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DAN EKSPOSITORI SERTA KAITANNYA DENGAN KEMAMPUAN AWAL SISWA DI SMA NEGERI 2 KEJURUAN MUDA ACEH TAMIANG. Masters thesis, UNIMED.
071188830001 Judul.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
071188830001 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
071188830001 Abstrak.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
071188830001 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
071188830001 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
071188830001 Bab I.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
071188830001 Bab V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
071188830001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya kemampuan penalaran dan pemahaman matematik siswa merupakan hasil pembelajaran yang berpusat pada guru. Perubahan proses pembel.Yaran menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa harus dilakukan, salah satunya adalah pembelajaran yang menerapkan pendekatan Open-ended. Tujuan penelitian adalah: (l) Membandingkan kemampuan penalaran dan pemabaman matematik ketompok siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran open-ended dengan kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. (2) Membandingkan kema.mpuan penalanm dtm pcmahamtta mBtcmatik ttattlra siswa berkemampuan awal tinggi, sedang dan rendah. (3) Melihat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa yang dapat mempengaruhi kemampuan penalaran dan pemahaman matematik siswa.Jenis penelitian adalah penelitian kuasi eksprimen. Subyek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang yang secara random terpilih dua kelas. Kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan Pendekatan Open-ended sebanyak 32 orang dan kelas Xl IP A 2 sebagai kelas kontrol diberi perlakuan Pembelajaran Ekspositori sebanyak 32 orang. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan awal, tes penalaran dan pemahaman matematik serta hasil observasi aktivitas siswa, keragaman dan pola jawaban yang diberikan s.iswa. Instrumen tes yang o.igunakan telah memenuhi syarat validitas isi dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,663, 0,652, dan 0,657 berturut-turut untukkemampuan awal, kemampuan penalaran, dan kemampuan pemahaman matematik siswa. Analisis data dilakukan dengan Uji t dan Uji Non-Parametrik Kruskal Wallis untuk melihat perbedaan rerata dan Anova dua jalur Faktorial 2 x 3 untuk melihat interaksi. Hasil utama penelitian ini adalah bahwa siswa yang pembelajarannya dengan Pendekatan Open-ended secara signifikan memiliki kemampuan penalaran dan pemahaman matematik lebih tinggi dibandingkan siswa yang pembelajarannya dengan Pendekatan Ekspositori. Siswa berkemampuan awal tinggi secara signifikan memiliki kemampuan penalaran dan pemahaman matematik lebih tinggi dibandingkan siswa berkemampuan awal sedang dibandingkan siswa berkemampuan awal rendah, kecuali kemampuan penalaran matematik pada kelompok siswa dengan pembelajaran ekspositori. Tidak terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dengan faktor kemampuan awal siswa yang mempengaruhi kemampuan penalaran dan pemahaman matematik siswa. Sebagai saran hendaknya guru menerapkan pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika yang lebih memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan ide-ide sehingga sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Ria s |
Keywords: | Penalaran; Ekspositori; Kemampuan awal; Pemahaman matematik; Open-ended |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 18 May 2016 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3372 |