Sihombing, Rejeki Julianti (2018) ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN MEDAN TEMBUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3142131011 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 3142131011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
3. NIM. 3142131011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM. 3142131011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM. 3142131011 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. NIM. 3142131011 TABLES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. NIM. 3142131011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM. 3142131011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 3142131011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
14. NIM. 3142131011 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
15. NIM. 3142131011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Kompetensi Profesional Guru Kelas VII Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu Di SMP Negeri Se-Kecamatan Medan Tembung.
Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019, dengan populasi yaitu seluruh guru kelas VII mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu yang berjumlah 10 guru. Sampel dalam penelitian ini diambil secara Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu di SMP Negeri Se-Kecamatan Medan Tembung Tahun Ajaran 2018/2019 sebesar 11,4 (58,42%) pada aspek kemampuan menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan kategori cukup. Kemampuan menguasai kompetensi inti dan kompetensi sebesar 238,1 (75,58%) kategori cukup. Kemampuan mengembangkan materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu secara kreatif sebesar 10,5 (65,62%) kategori tidak baik. Kemampuan mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif sebesar 18,1 (64,64%) kategori cukup. Kemampuan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri sebesar 8,2 (51,52%) kategori cukup. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu di SMP Negeri Se-Kecamatan Medan Tembung hanya tergolong kategori cukup (72,74%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 GEO 113 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 11:01 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33672 |