PERANGIN-ANGIN, SINTA ALBERTA (2018) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TIGAPANAH TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143151038_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1143151038_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
3. NIM. 1143151038_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 1143151038_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM. 1143151038_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
6. NIM. 1143151038_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1143151038_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8. NIM. 1143151038_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 1143151038_BAB I.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
13. NIM. 1143151038_BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
14. NIM. 1143151038_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tigapanah T.A 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap
prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tigapanah T.A 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pre-test dan post – test. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 8 orang siswa.
Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui perilaku prokrastinasi,
Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok teknik diskusi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil analisa data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung = 10 dengan α = 0,05 dan n = 8, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 4. Dengan demikian
Jhitung > Jtabel (10> 4). Data Pre-test diperoleh rata – rata 129,75 (kategori tinggi) sedangkan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi (Post-test) diperoleh rata-rata 99,5 (kategori sedang). Artinya rata-rata siswa setelah mendapat bimbingan kelompok teknik diskusi lebih rendah daripada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Perubahan penurunan interval perilaku prokrastinasi siswa setelah diberi layanan bimbingan kelompok teknik diskusi sebesar 242 atau 23,31 %. Hal ini menunjukan ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Tigapanah T.A 2018/2019 atau hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 089 |
Keywords: | Perilaku Prokrastinasi ; Bimbingan Kelompok ; Teknik Diskusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 10:22 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33650 |