Syahputra, Erwin (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV-B SD BUDI MULIA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Masters thesis, UNIMED.
809825005 Judul.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
809825005 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
809825005 Abstrak.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
-809825005 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
809825005 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (0B)
809825005 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
809825005 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
809825005 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
809825005 Bab I.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
809825005 Bab V.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
809825005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui : (1) peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan guru dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri, (2) peningkatan aktivitas siswa; dan (3) peningkatan hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas IV-B SD Budi Mulia Medan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas IV-B SD Budi Mulia Medan sebanyak 37 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa; tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan menentukan persentase skor rerata aktivitas guru, skor rerata aktivitas siswa; dan ketuntasan hasil belajar siswa; dan kemudian menentukan kriteria keberhasilannya.Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan : (1) terjadi peningkatan pada aktivitas guru. Hal ini dapat dilihat pada siklus I pertemuan I dan II sebesar 71,43% dan 77,76% dengan kategori cukup. Pada siklus II pertemuan I dan II sebesar 84,76% dan 88,54% dengan kategori baik, sedangkan pada pertemuan III sebesar 92,38% dengan kategori sangat baik. (2) Terjadi peningkatan pada aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I pertemuan I sebesar 61,25% dengan kategori kurang, dan pada pertemuan II sebesar 75,63% dengan kategori cukup. Pada siklus II pertemuan I dan II sebesar 84,38% dan 86,25% dengan kategori baik, sedangkan pada pertemuan III sebesar 92,50% dengan kategori sangat baik, dan (3) tercapai ketuntasan hasil belajar dan meningkat sebesar 32,43%. Diharapkan jika diterapkan metode pembelajaran inkuiri guru memberikan bimbingan terbatas pada siswa saat melakukan diskusi kelompok sehingga siswa benar-benar memanfaatkan waktu dan memahami materi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sya p |
Keywords: | Matematika; Materi pecahan; Aktivitas belajar; Metode pembelajaran inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 18 May 2016 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3365 |