ANGGINA, HEMA SARI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA SMP NEGERI 17 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133342029 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 5133342029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
3. NIM. 5133342029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4. NIM. 5133342029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 5133342029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 5133342029 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 5133342029 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 5133342029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
12. NIM. 5133342029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
13. NIM. 5133342029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) pada mata pelajaran prakarya: (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) pada mata pelajaran prakarya: (3) Pengaruh model pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) terhadap hasil belajar mata pelajaran prakarya. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan Februari–Maret 2018 lokasi penelitian di SMP Negeri 17 Medan dengan jumlah populasi sebanyak 315 orang. Sampel kelas penelitian diambil dengan teknik random sampling, sampel terdiri dari 2 kelas berjumlah 70 siswa. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa melalui pengamatan pembuatan sulam aplikasi dari kain flanel. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas dengan menggunakan Chi Kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) pada mata pelajaran prakarya termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 88 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pemebelajaran Team Assited Individualization (TAI) termasuk kategori cenderung cukup sebesar 77 persen. Hasil uji normalitas dari kedua kelompok berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas kedua kelompok diperoleh Fhitung<Ftabel (2,08 < 3,28) artinya hasil belajar kedua kelompok homogen. Berdasarkan hasil analisis uji t menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model Team Assited Individualization (TAI) terhadap hasil belajar prakarya dengan nilai thitung ttabel (3,32 1,667) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya, model pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BOGA 029 |
Keywords: | model pembelajara team assited individualization (TAI), hasil belajar prakarya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 10:21 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33648 |