Zanatika., Rahmi (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS FABEL BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MEDANG DERAS KABUPATEN BATU BARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156191033 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 8156191033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
3. NIM. 8156191033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8156191033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM. 8156191021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. NIM.8156191033 TABLES.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. NIM. 8156191033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 816191033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM. 8156191033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM. 8156191033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (601kB) | Preview
13. NIM. 8156191033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
14. NIM. 8156191033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar fabel
berbasis budaya lokal oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Medang Deras Kabupaten Batu
Bara; (2) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar menulis teks fabel berbasis budaya lokal
yang dikembangkan; dan (3) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar menulis teks fabel
berbasis budaya lokal yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah research and
development dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Data dikumpulkan
melalui validasi ahli, kuesioner/angket yang disebarkan kepada siswa. Instrumen penilaian
untuk validator, uji coba perorangan, kelompok kecil, dan kelompok lapangan terbatas dibuat
dalam bentuk skala likert yang telah diberikan skor. Data dianalisis secara deskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan bahan ajar
didasarkan penelitiandan pengumpulan informasi pendahuluan, perencanaan, pengembangan
produk awal, validasi isi materi dan desain, revisi produk, penilaian dan saran guru bahasa
serta siswa, revisi, uji coba perorangan, revisi, uji coba kelompok kecil, revisi, uji coba
lapangan terbatas, revisi hingga produk valid dan layak digunakan (2) Hasil validasi ahli
materi dari keseluruhan aspek adalah 86,43%, validasi ahli desain pembelajaran dengan ratarata 94,76%, Hasil respon guru terhadap bahan ajar materi teks fabel berbasis budaya lokal
yang dikembangkan memiliki total presentase rata-rata 90%, dan hasil persentase rata-rata
respon siswa adalah 93,13% yang keseluruhan rata-rata penilaian ini berada pada kategori
sangat baik; (3) Perolehan hasil efektivitas penggunaan modul materi teks fabel berbasis
budaya lokal Melayu di kabupaten Batu Bara sebesar 85,67 dan efektivitas buku teks sebesar
70,5. Dengan demikian, bahan ajar berbentuk modul materi teks fabel berbasis budaya lokal
kabupaten Batu Bara yang telah dikembangkan dinyatakan layak, efektif, dan memenuhi
kebutuhan dengan kriteria keseluruhan “sangat baik”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.712 Zan p |
Keywords: | bahan ajar, teks fabel, budaya lokal |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 04:46 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33642 |