Tampubolon, Visi Wintan Reka Widya (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PETA PIKIRAN PADA MATERI TEKS EKSPOSIISI SISWA KELAS X SMK TRITECK INFORMATIKA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166191018 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM. 8166191018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
3. NIM. 8166191018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM. 8166191018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
5. NIM. 8166191018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. NIM. 8166191018 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM. 8166191018 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8. NIM. 8166191018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
9. NIM. 8166191018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (751kB) | Preview
13. NIM. 8166191018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
14. NIM. 8166191018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis peta
pikiran pada materi teks eksposisi siswa kelas X SMK Tritech Informatika
Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan
pengembangan Research and Development yang mengacu pada model Borg and
Gall. Tahapan pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal,
dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil validasi materi
termasuk kelayakan isi dengan rata-rata 93,75% dengan kategori sangat baik,
kelayakan penyajian dengan rata-rata 95,19% dengan kategori sangat baik, dan
penilaian bahasa dengan rata-rata 95,19% dengan kategori sangat baik, hasil
validasi ahli desain menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis peta pikiran
pada materi teks eksposisi berada pada kategori sangat baik dengan persentasi
rata-rata 86,25, 2) hasil uji coba individu dengan rata-rata 86,80% dengan kategori
sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 89,12% dengan kategori
sangat baik, dan uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 91,27% dengan
kategori sangat baik, dan 3) hasil efektifitas media pembelajaran diperoleh melalui
hasil belajar siswa pada pretest dan posttest. Skor rata-rata pada pretest 70,68 dan
pada posttest 80,21. Selisih dari pretes dan postest adalah 9,53%. Hal ini
membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis peta pikiran pada materi teks
eksposisi layak, mudah, dan efektif untuk digunakan pada siswa kelas X SMK
Tritech Informatika Medan. Penelitian ini berimplikasi dalam proses pembelajaran
bahasa Indonesia yaitu media pembelajaran berbasis peta pikiran yang
dikembangkan memberi sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan proses
pembelajaran bagi guru, media pembelajaran dapat memberi kemudahan dalam
menyampaikan materi teks eksposisi yang diajarkan, memperkaya dan menambah
pengetahuan siswa tentang teks eksposisi sehingga pembelajaran akan lebih
menarik, memotivasi siswa, dan melatih siswa belajar secara mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.712 |
Keywords: | media pembelajaran, peta pikiran, teks eksposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 04:37 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33641 |