Khairati, Sari (2011) ANALISIS MISKONSEPSI POKOK BAHASAN JARINGAN TUMBUHAN PADA BUKU BIOLOGI SMA KELAS XI DI KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.
809735019 Judul.pdf - Published Version
Download (0B)
809735019 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
809735019 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
809735019 Abstrak.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
809735019 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (0B)
809735019 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
809735019 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
809735019 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
809735019 Bab I.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
809735019 Bab V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
809735019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Miskonsepsi pada buku-buku pelajaran biologi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar biologi siswa. Penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada buku-buku biologi SMA kelas XI dilakukan di Kabupaten Langkat pada pokok bahasan jaringan tumbuhan. Hasil analisis sembilan buku biologi SMA kelas XI menunjukkan persentase miskonsepsi yaitu misidentifications (42,19%), overgeneralizations (23,44%), under generalizations (14,06%), obsolete concepts and terms (14,06%), dan oversimplifications (6,25%). Persentase miskonsepsi pada setiap sub pokok bahasan jaringan tumbuhan adalah jaringan pengangkut (43,76%), jaringan epidermis (17,18%), istilah dikotil (14,06%), jaringan meristem (12,49%), organ tumbuhan (7,79%), jaringan penyokong (4,70%). Terdapat satu buku biologi yang paling banyak mengalami miskonsepsi yaitu 11 miskonsepsi dan dua buku biologi yang paling sedikit mengalami miskonsepsi yaitu 4 miskonsepsi. Penelitian ini mengimplikasikan adanya variasi miskonsepsi pada buku-buku biologi SMA yang perlu diantisipasi, agar tidak menimbulkan miskonsepsi pada guru dan siswa pada pokok bahasan jaringan tumbuhan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 580.7 Kha a |
Keywords: | Miskonsepsi; Biologi; Jaringan tumbuhan; Buku pelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 May 2016 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3364 |