Rosnida (2019) PENGEMBANGAN SEJARAH PEUREULAK BERBASIS VIDIO DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 1 PEUREALAK ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156182047 COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
2. NIM. 8156182047 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
3. NIM. 8156182047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4. NIM. 8156182047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM. 8156182047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
6. NIM. 8156182047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 8156182047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 8156182047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9. NIM. 8156182047 BAB I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
13. NIM. 8156182047 BAB V.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
14. NIM. 8156182047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video sejarah peureulak dalam
pembelajaran IPS siswa kelas 4 SDN 1 Peureulak Aceh Timur dan menganalisis
apakah video sejarah peureulak dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil
belajar siswa dengan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian
ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model
pengembangan Borg And Gall. Model pengembangan Borg And Gall dengan
tahapan (1) Research and information collecting, (2) Planning (3) Develop
preliminary form of product (4) Preliminary field testing (5) Main product
revision (6) Main field testing (7) Operational product revision (8) Operational
field testing (9) Final product revision (revisi produk akhir). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) Validasi ahli materi pada penilaian kelayakan isi berada
pada kriteria sangat baik (96,25%), kelayakan bahasa berada pada kriteria sangat
baik (89%) dan kelayakan penyajian berada pada kriteria cukup (74%). Tingkat
Kepraktisan video sejarah peureulak disimpulkan berdasarkan respon guru dan
respon siswa; (i) Respon siswa terhadap video sejarah peureulak pada uji coba
lapangan sebesar 83% siswa menyatakan video sejarah peureulak tersebut praktis,
(ii) Respon guru video sejarah peureulak pada uji coba lapangan rata-rata sebesar
81% termasuk kedalam kategori praktis. Demikian pula dengan pengaruh
penggunaan video sejarah peureulak terhadap hasil belajar siswa berdasarkan
pretest dan postest dianalisis dengan menggunakan N-Gain diperoleh nilai ratarata gain sebesar 0,8 dimana dalam kategori tinggi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ros p |
Keywords: | Pengembangan, Sejarah Peureulak, Pembelajaran IPS |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 04:07 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33638 |