Siagian, Osyn Inamala (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PKN BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SD NASRANI 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
NIM. 8156182069 - 01 COVER.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
NIM. 8156182069 - 02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
NIM. 8156182069 - 03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM. 8156182069 - 04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM. 8156182069 - 05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
NIM. 8156182069 - 06 TABLES LIST.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
NIM. 8156182069 - 07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
NIM. 8156182069 - 08 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
NIM. 8156182069 - 09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
NIM. 8156182069 - 13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
NIM. 8156182069 - 14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada pentingnya penggunaan media pembelajaran di tingkat SD karena mengingat bahwa usia siswa SD termasuk dalam tahapan operasional konkret. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Camtasia Studio pada pembelajaran PKn subtema Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya yang layak dan efektif digunakan untuk kegiatan belajar siswa kelas V di SD Nasrani 2 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Nasrani 2 Medan berjumlah 30 siswa. Data pada penelitian pengembangan ini dikumpulkan melalui angket validasi oleh ahli media, ahli materi, ujicoba lapangan dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Camtasia Studio yang dikembangkan sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran pada pembelajaran PKn subtema Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya di kelas V SD Nasrani 2 Medan ditinjau dari kualitas teknis maupun isi (content). Hasil validasi ahli media diperoleh hasil akhir dengan rata-rata skor sebesar 3,79 (baik). Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor sebesar 4,0 (baik). Hasil ujicoba secara perorangan diperoleh rata-rata skor sebesar 3,83 (baik); ujicoba kelompok kecil diperoleh rata-rata skor sebesar 4,03 (baik); dan hasil ujicoba kelompok besar diperoleh rata-rata skor sebesar 4,13 (baik). Produk media yang dikembangkan juga efektif digunakan pada pembelajaran PKn subtema Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya, hal ini dibuktikan dari hasil uji-t dengan nilai thitung sebesar 23,490 dan nilai probabilitas (Sig) sebesar 0,000 < 0,05. Besarnya efektivitas penerapan produk media yang dikembangkan yaitu sebesar 76,5%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Sia p |
Keywords: | Penelitian ini dilatarbelakangi pada pentingnya penggunaan media pembelajaran di tingkat SD karena mengingat bahwa usia siswa SD termasuk dalam tahapan operasional konkret. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Camtasia Studio pada pembelajaran PKn subtema Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya yang layak dan efektif digunakan untuk kegiatan belajar siswa kelas V di SD Nasrani 2 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Nasrani 2 Medan berjumlah 30 siswa. Data pada penelitian pengembangan ini dikumpulkan melalui angket validasi oleh ahli media, ahli materi, ujicoba lapangan dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Camtasia Studio yang dikembangkan sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran pada pembelajaran PKn subtema Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya di kelas V SD Nasrani 2 Medan ditinjau dari kualitas teknis maupun isi (content). Hasil validasi ahli media diperoleh hasil akhir dengan rata-rata skor sebesar 3,79 (baik). Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor sebesar 4,0 (baik). Hasil ujicoba secara perorangan diperoleh rata-rata skor sebesar 3,83 (baik); ujicoba kelompok kecil diperoleh rata-rata skor sebesar 4,03 (baik); dan hasil ujicoba kelompok besar diperoleh rata-rata skor sebesar 4,13 (baik). Produk media yang dikembangkan juga efektif digunakan pada pembelajaran PKn subtema Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya, hal ini dibuktikan dari hasil uji-t dengan nilai thitung sebesar 23,490 dan nilai probabilitas (Sig) sebesar 0,000 < 0,05. Besarnya efektivitas penerapan produk media yang dikembangkan yaitu sebesar 76,5%. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Mar 2019 09:17 |
Last Modified: | 21 Mar 2019 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33629 |