PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATA PELAJARAN IPA-FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 3 PEGAGAN HILIR

Marianus, Sumarlin Mangandar (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATA PELAJARAN IPA-FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 3 PEGAGAN HILIR. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1-081188830015 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1-081188830015 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 2-081188830015 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2-081188830015 Abstrak.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 3-081188830015 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3-081188830015 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 4-081188830015 Bab I.pdf]
Preview
Text
4-081188830015 Bab I.pdf - Published Version

Download (541kB) | Preview
[thumbnail of 5-081188830015 Bab V.pdf]
Preview
Text
5-081188830015 Bab V.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of 6-081188830015 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6-081188830015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diterapkan dengan Model Pembelajaran Advance Organizer bentuk skema dan Model Pembelajaran Advance Organizer bentuk narasi.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 3 Pegagan Hilir Kabupaten Dairi Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 60 orang, yang tersebar dalam 2 kelas. Teknik analisa data yang di gunakan adalah analisa perbedaan dengan menggunakan rumus uji-t.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar IPA-Fisika siswa yang diajarkan dengan penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer bentuk skema lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar yang diajar dengan penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer bentuk narasi. Hal ini ditunjukkan oleh thitung = 5,60, ttabel = 2,042 dengan a = 0,05. Hasil ini membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diterapkan dengan Model Pembelajaran Advance Organizer bentuk skema dengan Model Pembelajaran Advance Organizer bentuk narasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 Mar p
Keywords: IPA-Fisika; Advance organizer; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 17 May 2016 02:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3361

Actions (login required)

View Item
View Item