Bu’ulolo, Yanida (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERPEN BERBASIS LITERASI MEDIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LOLOMATUA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166191019 COVER.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
2. NIM. 8166191019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (650kB) | Preview
3. NIM. 8166191019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
4. NIM. 8166191019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
5. NIM. 8166191019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. NIM. 8166191019 TABLES.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7. NIM. 8166191019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
8. NIM. 8166191019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 8166191019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (671kB) | Preview
13. NIM. 8166191019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
14. NIM. 8166191019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis lietrasi
media pada materi menulis cerpen untuk kelas XI SMA Negeri 1 Lolomatua
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan
Research and Development yang mengacu pada model Borg and Gall. Tahapan
pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal, dan uji coba
produk. Produk bahan ajar berbasis literasi media pada materi menulis teks
cerpen yang dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lolomatua
memenuhi syarat dan layak digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil
validasi ahli materi yang meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 89,84% pada
kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 93,26% pada kriteria
sangat baik, aspek kebahasaan dengan rata-rata 87,50% pada kriteria sangat dan
validasi ahli desain dengan rata-rata 82,08% pada kriteria sangat baik.baik Modul
dinyatakan layak setelah divalidasi oleh ahli materi dengan perolehan rata-rata
sangat baik Penggunaan bahan ajar berbasis literasi media pada materi teks cerpen
lebih efektif daripada buku teks yang digunakan siswa. Hal tersebut dibuktikan
dengan hasil belajar siswa yang lebih baik yaitu penggunaan buku teks (pretes)
71,18% dengan kategori cukup dan penggunaan bahan ajar berbasis literasi media
(postest) 81,6% dengan kategori sangat baik. Penelitian ini berimplikasi dalam
proses pembelajaran bahasa Indonesia yaitu Bahan ajar berbasis literasi media
yang dikembangkan untuk memperkaya dan menambah pengetahuan siswa
tentang teks cerpen dan literasi media siswa sehingga pembelajaran akan lebih
menarik dan memotivasi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.071 2 Buu p |
Keywords: | Bahan ajar, Menulis Cerpen, Literasi Media, pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) P Language and Literature > PR English literature > PR621 Drama |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Mar 2019 02:17 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33604 |