Saragih, Abdi Muskarya (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN MESIN OTOMOTIF MURID SMK NEGERI 4 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN+PERSETUJUAN+PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
3. ABSTRACT- ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. KATAPENGANTAR.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
5. DAFTARISI.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. DAFTARTABEL.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. DAFTARGAMBAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
9. . BAB I.pdf - Published Version
Download (715kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar
murid yang diajar dengan model pembelajaran NHT dan STAD, (2) perbedaan
hasil belajar PMO murid yang memiliki kreativitas tinggi dan murid yang
memiliki kreativitas rendah, (3) interaksi antara model pembelajaran dan
kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar PMO murid.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 120 orang. Sedangkan sampel berjumlah 60 orang yang
diambil dari 2 kelas dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Sebelum
perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes angket
kreativitas untuk membedakan jenis kreativitas yang dimiliki oleh murid. Tes
hasil belajar yang digunakan terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui
tingkat validitas tes dan reliabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 40 soal yang
diujikan, sebanyak 36 soal yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan
dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik
inferensial. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang
sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji
normalitas dengan uji Lilliforss dan uji homogenitas varians dengan uji F dan uji
Barltlett.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar PMO
murid yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD lebih baik dengan
murid yang dibelajarkan dengan model pembelajaran NHT. Hal ini ditunjukkan
oleh Fhitung = 30,11 > Ftabel = 4,11 pada taraf signifikan α = 0,05; (2) murid yang
memiliki kreativitas tinggi memperoleh hasil belajar PMO lebih tinggi
dibandingkan dengan murid yang memiliki kreativitas dalam mempengaruhi hasil
belajar PMO murid. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 11,11 > Ftabel = 4,11 pada
taraf signifikan α = 0,05; (3) adanya interaksi antara Model Pembelajaran dan
Kreativitas Belajar murid terhadap hasil belajar PMO. Hal ini ditunjukkan oleh
Fhitung = 4,55 > Ftabel = 4,11 pada taraf signifikan α = 0,05.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi sekolah, khususnya
guru dalam mengaplikasikan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan
pembelajaran. Disarankan agar guru mempergunakan model pembelajaran
bervariasi dan memberikan perhatian kepada bahan belajar dan kreativitas murid
sebab kedua-duanya mempengaruhi hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.24 Sar p |
Keywords: | Model, Kreativitas, Otomotif, Murid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ268 Steam engineering > TJ603 Locomotives |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Mar 2019 03:35 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33585 |