Sahara, Kiki Rizqi (2018) PENGARUH PENERAPAN KAMUS MIKROBIOLOGI DAN BUKU AJAR MIKROBIOLOGI DALAM TATANAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA BIOLOGI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166174012 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. NIM. 8166174012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
3. NIM. 8166174012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM. 8166174012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. NIM. 8166174012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 8166174012 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 8166174012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 8166174012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
9. NIM. 8166174012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
13. NIM. 8166174012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM. 8166174012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan kamus mikrobiologi
dan buku ajar mikrobiologi dalam tatanan pembelajaran kontekstual terhadap
kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah
mahasiswa biologi pada mata kuliah mikrobiologi. Penelitian quasi eksperimen ini
menggunakan desain pretes-postes design. Populasi penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa Biologi Semester 6(Enam) Universitas Negeri Medan tahun pelajaran
2018/2019 yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling
yaitu kelas eksperimen1 dibelaarkan dengan menggunakan buku mikrobiologi dalam
tatanan pembelajaran kontekstual, kelas eksperimen2 dibelajarkan dengan kamus
mikrobiologi dalam tatanan pembelajaran kontekstual dan kelas eksperimen3
dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. Total sampel adalah 102 mahasiswa. Teknik
pengumpulan data dengan mengunakan tes dan angket sikap ilmiah. Kemampuan berpikir
tingkat tinggi dan keterampilan proses sains dianalisis teknik analisis kovariat (Anacova)
sedangkan sikap ilmiah dengan analisis varians satu jalur (One Way Anova) dan uji lanjut
Tukey’s dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil Anacova menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh signifikan kelas yang dibelajarkan dengan kamus mikrobiologi dalam tatanan
pembelajaran kontekstual, kelas yang dibelajarakan dengan buku ajar mikrobiologi dalam
tatanan pembelajaran kontektual dan kelas dengan pembelajaran langsung terhadap
kemampuan berpikir tingkat tinggi (F = 29,191; P = 0,000) dan terhadap keterampilan
proses sains (F = 57,531; P = 0,000). Hasil One Way Anova menunjukkan terdapat
pengaruh yang signifikan kelas yang dibelajarkan dengan kamus mikrobiologi dalam
tatanan pembelajaran kontekstual, kelas yang dibelajarakan dengan buku ajar
mikrobiologi dalam tatanan pembelajaran kontektual dan kelas dengan pembelajaran
langsung terhadap sikap ilmiah mahasiswa (F = 11,159; P = 0,000). Nilai rata-rata postes
kemampuan berpiir tingkat tinggi, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah mahasiswa
yang dibelajarkan dengan buku ajar mikrobiologi lebih tinggi dibandingkan dengan
kamus mikrobiologi dan pembelajaran langsung
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.9 Sah p |
Keywords: | Buku Mikrobiologi, Kamus Mikrobiologi, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah Mahasiswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Mar 2019 09:33 |
Last Modified: | 14 Mar 2019 09:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33562 |