PENGARUH PENERAPAN KAMUS MIKROBIOLOGI DAN BUKU AJAR MIKROBIOLOGI DALAM TATANAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA BIOLOGI

Sahara, Kiki Rizqi (2018) PENGARUH PENERAPAN KAMUS MIKROBIOLOGI DAN BUKU AJAR MIKROBIOLOGI DALAM TATANAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA BIOLOGI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166174012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166174012 COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166174012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166174012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166174012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166174012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166174012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166174012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166174012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166174012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166174012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166174012 TABLES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166174012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166174012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166174012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166174012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166174012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166174012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166174012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166174012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166174012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166174012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan kamus mikrobiologi
dan buku ajar mikrobiologi dalam tatanan pembelajaran kontekstual terhadap
kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah
mahasiswa biologi pada mata kuliah mikrobiologi. Penelitian quasi eksperimen ini
menggunakan desain pretes-postes design. Populasi penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa Biologi Semester 6(Enam) Universitas Negeri Medan tahun pelajaran
2018/2019 yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling
yaitu kelas eksperimen1 dibelaarkan dengan menggunakan buku mikrobiologi dalam
tatanan pembelajaran kontekstual, kelas eksperimen2 dibelajarkan dengan kamus
mikrobiologi dalam tatanan pembelajaran kontekstual dan kelas eksperimen3
dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. Total sampel adalah 102 mahasiswa. Teknik
pengumpulan data dengan mengunakan tes dan angket sikap ilmiah. Kemampuan berpikir
tingkat tinggi dan keterampilan proses sains dianalisis teknik analisis kovariat (Anacova)
sedangkan sikap ilmiah dengan analisis varians satu jalur (One Way Anova) dan uji lanjut
Tukey’s dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil Anacova menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh signifikan kelas yang dibelajarkan dengan kamus mikrobiologi dalam tatanan
pembelajaran kontekstual, kelas yang dibelajarakan dengan buku ajar mikrobiologi dalam
tatanan pembelajaran kontektual dan kelas dengan pembelajaran langsung terhadap
kemampuan berpikir tingkat tinggi (F = 29,191; P = 0,000) dan terhadap keterampilan
proses sains (F = 57,531; P = 0,000). Hasil One Way Anova menunjukkan terdapat
pengaruh yang signifikan kelas yang dibelajarkan dengan kamus mikrobiologi dalam
tatanan pembelajaran kontekstual, kelas yang dibelajarakan dengan buku ajar
mikrobiologi dalam tatanan pembelajaran kontektual dan kelas dengan pembelajaran
langsung terhadap sikap ilmiah mahasiswa (F = 11,159; P = 0,000). Nilai rata-rata postes
kemampuan berpiir tingkat tinggi, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah mahasiswa
yang dibelajarkan dengan buku ajar mikrobiologi lebih tinggi dibandingkan dengan
kamus mikrobiologi dan pembelajaran langsung

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 573.9 Sah p
Keywords: Buku Mikrobiologi, Kamus Mikrobiologi, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Mar 2019 09:33
Last Modified: 14 Mar 2019 09:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33562

Actions (login required)

View Item
View Item