Sundari, Saniati (2018) PENGARUH METODE BERCAKAP-CAKAP TERHADAP KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NABIDZAR PERCUT TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 1143113031 SANIATI SUNDARI - 01 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
NIM. 1143113031 SANIATI SUNDARI - 02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
NIM. 1143113031 SANIATI SUNDARI - 03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
NIM. 1143113031 SANIATI SUNDARI - 04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
NIM. 1143113031 SANIATI SUNDARI - 05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
NIM. 1143113031 SANIATI SUNDARI - 06 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
NIM. 1143113031 SANIATI SUNDARI - 07 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
NIM. 1143113031 SANIATI SUNDARI - 08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
NIM. 1143113031 SANIATI SUNDARI - 09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
NIM. 1143113031 SANIATI SUNDARI - 13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
NIM. 1143113031 SANIATI SUNDARI - 14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini masih kurangnya kemampuan
kecerdasan verbal linguistik anak. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode bercakap-cakap terhadap kecerdasan verbal linguistik anak usia 5-6 tahun di TK Nabidzar Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (eksperimen) dengan desain Pre-Ekperimental Design, dengan bentuk One-Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di TK Nabidzar. Pengambilan sampel di lakukan dengan teknik Simple Random Sampling, Dengan sampel sebanyak 20 anak untuk kelas eksperimen. Variabel
bebas adalah metode bercakap-cakap dan variabel terikat adalah kecerdasan verbal linguistik. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pedoman observasi struktur. Analisis data menggunakan uji-t
dengan taraf nyata α = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan verbal linguistik anak yang telah di beri perlakuan dengan metode bercakap-cakap memiliki nilai ratarata 13.25. Hasil penelitian kecerdasan verbal linguistik anak usia 5-6 tahun yang tidak di beri perlakuan metode bercakap-cakap memiliki niali rata-rata 8.9. dari
hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 29 dengan dk = n-1 = 19 ; α = 0,05, harga ttabel diperoleh 2,093. Maka, Thitung = 29 ˃ Ttabel = 2,093 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan “Terdapat pengaruh yang signifikan Metode
Bercakap-cakap Terhadap Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Nabidzar Tahun Ajaran 2017/2018”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 037 |
Keywords: | - |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 12 Mar 2019 15:02 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33502 |