MAULANA, FEBRYAN (2018) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA E-LEARING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 TEBING TINGGI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133111022 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 4133111022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
3. NIM. 4133111022 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 4133111022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
5. NIM. 4133111022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
6. NIM. 4133111022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
7. NIM. 4133111022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
8. NIM. 4133111022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
9. NIM. 4133111022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
10. NIM. 4133111022 BAB I.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
14. NIM. 4133111022 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
15. NIM. 4133111022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan bantuan E-learning sebagai media diskusi dan kuis. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Tebing Tinggi, dengan sampel siswa kelas VII yang di ambil secara random sampling. Instrumen penelitian menggunakan pretest-posttest dalam bentuk uraian test. Analisis data dengan menggunakan teknik uji-T, ANOVA, dan Regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswa yang di ajar melalui pendekatan matematika realistik berbantuan media E-learning dan pembelajaran biasa, 2) terdapat perbedaan antara pengaruh pendekatan matematika realistik berbantuan media E-learning dengan pembelajaran biasa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian yang menjadi saran atas hasil penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik berbantuan media E-learning dapat diimplementasikan dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 106 |
Keywords: | komunikasi, matematis, pembelajaran, matematika, realistik, edmodo |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 12 Mar 2019 09:50 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33406 |