Nasution, Mahpuzah (2018) ANALISIS BUKU AJAR BIOLOGI SMA KELAS X DI KOTA BINJAI BERDASARKAN RUANG LINGKUP LITERASI SAINS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136173011 COVER.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
2. NIM 8136173011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
3. NIM 8136173011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM 8136173011 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM 8136173011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM 8136173011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7. NIM 8136173011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 8136173011 LIST OF ATTACMENT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM 8136173011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
13. NIM 8136173011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
14. NIM 8136173011 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis buku ajar Biologi SMA kelas X di
Kota Binjai berdasarkan ruang lingkup literasi sains, ditinjau dari aspek Konteks,
Pengetahuan, Kompetensi Saintifik dan Sikap (Prilaku Ilmiah). Penelitian ini
dilakukan di seluruh sekolah SMA Negeri di Kota Binjai pada bulan Februari
hingga Desember 2017 dengan sampel yang diteliti yaitu tiga buku Biologi kelas
X yang paling banyak digunakan di SMA se-Kota Binjai. Instrumen yang
digunakan adalah lembar observasi yang memuat indikator-indikator terhadap
lingkup literasi sains yang dikembangkan dari Draft PISA 2015, mencakup aspekaspek
konteks, pengetahuan, kompetensi, dan sikap. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa buku yang dianalisis sudah memiliki muatan literasi sains,
dengan hasil tertinggi diperoleh pada aspek pengetahuan (Erlangga, 63.67%;
Yrama Widya, 48.03 %; Grafindo, 48.77%) dari pada aspek konteks (Erlangga,
38.5%; Yrama Widya, 37.4 %; Grafindo, 32.83%) , kompetensi saintifik
(Erlangga, 42.9%; Yrama Widya, 33.57 %; Grafindo, 37.4%) dan sikap (Erlangga,
45.6 %; Yrama Widya, 41.7 %; Grafindo, 38.6%). Untuk aspek pengetahuan
pada ketiga buku yang dianalisis, paling mendominasi adalah pengetahuan konten
dengan tingkat literasi sains tinggi. Aspek kompetensi saintifik didominasi oleh
kategori menjelaskan fenomena ilmiah dengan tingkat literasi sains rendah,
kemudian pada aspek sikap didominasi oleh kategori ketertarikan terhadap sains
dengan tingkat literasi sains rendah dan untuk aspek konteks didominasi oleh
kategori Batas Sains Teknologi (BST) dengan tingkat literasi sains yang sangat
rendah. Direkomendasikan kepada guru untuk menggunakan buku Erlangga
sebagai buku ajar karena memiliki tingkat literasi sains yang lebih baik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570 Nas a |
Keywords: | buku ajar biologi, literasi sains, PISA, Binjai |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Mar 2019 02:07 |
Last Modified: | 12 Mar 2019 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33398 |