PENERAPAN PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR APRESIASI SENI TARI MELALUI MODEL JIGSAW PADA KELAS XI IPA 1 DI SMA TAMAN SISWA LUBUK PAKAM

SONIA, TIA JUNNA (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR APRESIASI SENI TARI MELALUI MODEL JIGSAW PADA KELAS XI IPA 1 DI SMA TAMAN SISWA LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 2113142077 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2113142077 COVER.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2113142077 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2113142077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2113142077 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2113142077 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2113142077 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2113142077 PREFACE.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2113142077 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2113142077 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2113142077 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2113142077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2113142077 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2113142077 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2113142077 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2113142077 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2113142077 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2113142077 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2113142077 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2113142077 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimanakah penerapan pembelajaran seni tari dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw pada Kelas XI IPA 1 di SMA Taman Siswa Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Taman Siswa Lubuk Pakam . Pengambilan sampel dalam penulisan ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA 1 SMA Taman Siswa Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang yang
berjumlah 30 orang. Metodologi dalam penelitian ini dilakukan dengan cara peneliti melakukan observasi langsung, studi kepustakaan dari buku/peneliti sebelumnya, dokumentasi dari data yang didapat, dan melaksanakan tes untuk mengetahui hasil. setelah itu menganalisis secara sistematis dengan menggunakan metode strategi analisis analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar siswa apresiasi seni siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran jigsaw. Rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Jigsaw mengalami peningkatan dari rata-rata 66,80 (pre tes) meningkat menjadi rata-rata 80,40 (post
tes) dengan ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan mencapai 26 siswa atau 86,7%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Penggunaan model pembelajaran Jigsaw pada pelajaran apresiasi seni tari dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas XI IPA 1 di SMA Taman Siswa Lubuk Pakam; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Jigsaw pada pelajaran apresiasi seni tari dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 di SMA Taman Siswa Lubuk Pakam. Hasil tersebut diperoleh dari analisis uji t berpasangan yang menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (8,963 > 2,05), sehingga Hipotesis
penelitian di terima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 TARI 010
Keywords: Penerapan Pembelajaran Apresiasi Seni Tari, Hasil Belajar Apresiasi Seni Tari, Metode Model Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 15:42
Last Modified: 28 Mar 2019 03:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33382

Actions (login required)

View Item
View Item