SONIA, TIA JUNNA (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR APRESIASI SENI TARI MELALUI MODEL JIGSAW PADA KELAS XI IPA 1 DI SMA TAMAN SISWA LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2113142077 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 2113142077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3. NIM. 2113142077 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM. 2113142077 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 2113142077 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
5. NIM. 2113142077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 2113142077 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 2113142077 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
12. NIM. 2113142077 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
13. NIM. 2113142077 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimanakah penerapan pembelajaran seni tari dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw pada Kelas XI IPA 1 di SMA Taman Siswa Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Taman Siswa Lubuk Pakam . Pengambilan sampel dalam penulisan ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA 1 SMA Taman Siswa Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang yang
berjumlah 30 orang. Metodologi dalam penelitian ini dilakukan dengan cara peneliti melakukan observasi langsung, studi kepustakaan dari buku/peneliti sebelumnya, dokumentasi dari data yang didapat, dan melaksanakan tes untuk mengetahui hasil. setelah itu menganalisis secara sistematis dengan menggunakan metode strategi analisis analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar siswa apresiasi seni siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran jigsaw. Rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Jigsaw mengalami peningkatan dari rata-rata 66,80 (pre tes) meningkat menjadi rata-rata 80,40 (post
tes) dengan ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan mencapai 26 siswa atau 86,7%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Penggunaan model pembelajaran Jigsaw pada pelajaran apresiasi seni tari dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas XI IPA 1 di SMA Taman Siswa Lubuk Pakam; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Jigsaw pada pelajaran apresiasi seni tari dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 di SMA Taman Siswa Lubuk Pakam. Hasil tersebut diperoleh dari analisis uji t berpasangan yang menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (8,963 > 2,05), sehingga Hipotesis
penelitian di terima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 TARI 010 |
Keywords: | Penerapan Pembelajaran Apresiasi Seni Tari, Hasil Belajar Apresiasi Seni Tari, Metode Model Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 15:42 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33382 |