LUBIS, DIANA MAWARNI (2018) IMPLEMENTASI STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI BERLANDASKAN PERMENDIKBUD NO.22 TAHUN 2016 DI SMA NEGERI SEKECAMATAN MEDAN DENAI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 3141131010 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. 3141131010 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
3. 3141131010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. 3141131010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. 3141131010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. 3141131010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. 3141131010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. 3141131010 BAB I.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
13. 3141131010 BAB VI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. 3141131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana implementasi standar proses kurikulum 2013 pada mata pelajaran geografi berlandaskan Permendikbud No.22 Tahun 2016 dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, (2) implementasi standar proses kurikulum 2013pada mata pelajaran geografi berlandaskan Permendikbud No.22 Tahun 2016 dilihat dari aspek pelaksanaan pembelajaran.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi di SMA Negeri di Kecamatan Medan Denai. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan studi dokumentasi, serta teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) aspek perencanaan pembelajaran (RPP), Responden I mendapatkan nilai 82,22, Responden 2 mendapatkan nilai 85,27, Responden 3 mendapatkan nilai 76,94 dan Responden 4 mendapatkan nilai 77,22 sehingga rata-rata yang diperoleh dari keempat responden adalah 80,41 yang masuk dalam kategori baik. (2) aspek pelaksanaan pembelajaran Responden I memperoleh nilai 80,72, Responden 2 memperoleh nilai 84,71, Responden 3 memperoleh nilai 77,25, dan Responden 4 memperoleh nilai 76,04 maka nilai rata-rata yang diperoleh dari keempat responden adalah 79,68 yang masuk dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Geografi Berlandaskan Permendikbud No.22 Tahun 2016 dilihat dari aspek rancangan pelaksanaan pembelajaran dan aspek pelaksanaan pembelajaran masuk kedalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 GEO 052 |
Keywords: | Kurikulum; Standar Proses; Implementasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 15:31 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33375 |