SIANIPAR, ERWIN SYAHPUTRA (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK SWASTA BUDISATRYA MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133341039 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 7133341039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (874kB) | Preview
3. NIM. 7133341039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
4. NIM. 7133341039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM. 7133341039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
6. NIM. 7133341039 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 7133341039 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8. NIM. 7133341039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
12. NIM. 7133341039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
13. NIM. 7133341039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan kreativitas yang sangat rendah dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budi Satrya Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Swasta Budi Satrya Medan yang berjumlah 83 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran sejauh mana motivasi belajar dan kreativitas siswa mampu memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Hasil analisis yang diperoleh secara parsial, motivasi belajar (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa yaitu 6.563 > 1,990 (thitung>ttabel). Kreativitas siswa (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa yaitu 5.468 > 1,990 ( thitung>ttabel). Nilai Fhitung = 57.393 yang selanjutnya dibandingkan dengan Ftabel pada taraf signifikan 95% (α=0,05) dan dk = 83 – 3 yaitu 3.11. Nilai Fhitung>Ftabel (57.393 > 3.11) dan nilai Sig α=0,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis ke tiga di terima, yaitu “Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa, Perhitungan determinasi juga di peroleh nilai R Square sebesar 0.589 yang berarti 58.9% hasil belajar pada siswa kelas X AP SMK Swasta Budi Satrya Medan Tahun akademik 2017/ 2018 secara bersama-sama dipengaruhi motivasi belajar dan kreativitas siswa, sedangkan 41.1% dipengaruhi variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara motivasi belajar dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X AP SMK Swasta Budi Satrya Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 024 |
Keywords: | MOTIVASI BELAJAR; KREATIVITAS SISWA; HASIL BELAJAR |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 14:47 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33352 |