NURMAIDA (2018) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEKS BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS XI SMK REVISI 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2141111026 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 2141111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (690kB) | Preview
3. NIM 2141111026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 2141111026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. NIM 2141111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
6. NIM 2141111026 TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 2141111026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 2141111026 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
12. NIM 2141111026 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM 2141111026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat dalam teks berbasis kearifan lokal pada buku teks bahasa Indonesia kelas XI SMK revisi 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang berupa penggambaran dari suatu keadaan tertentu dengan metode analisis isi. Data berupa nilai-nilai pendidikan karakter dalam teks berbasis kearifan lokal yang ada dalam buku bahasa Indonesia kelas XI SMK. Dari hasil penelitian, terdapat 6 teks yang berbasis kearifan lokal, yaitu: Robohnya Surau Kami yang merupakan kearifan lokal Minang terdapat 3 nilai pendidikan karakter, Mahkamah kearifan lokal Madiun terdapat 2 nilai, Panembahan Reso kearifan lokal Jawa terdapat 3 nilaia, Kabayan kearifan lokal Sunda terdapat 3 nilai, Pejuang merupakan kearifan lokal Yogyakarta terdapat 3 nilai, dan Cuplikan Cerita yang memuat kearifan lokal Jawa dan terdapat 1 nilai pendidikan karakter. Nilai pendidikan yang terdapat pada teks berbasis kearifan lokal tersebut adalah nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, dan bertanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 081 |
Keywords: | Pendidikan karakter; teks berbasis kearifan lokal; buku teks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 14:37 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33348 |