LESTARI, FEBI TRI (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN RIAS WAJAH KHUSUS DAN KREATIF SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN KULIT SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133144012 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 5133144012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
3. NIM. 5133144012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 5133144012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
5. NIM. 5133144012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM. 5133144012 TABLES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 5133144012 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
8. NIM. 5133144012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 5133144012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
13. NIM. 5133144012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. NIM. 5133144012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan Media Pembelajaran Interaktif Adobe Flash CS6 siswa kelas XI Tata Kecantikan Kulit pada mata pelajaran Rias Wajah Khusus dan Kreatif agar layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian Reserch and Development (R & D). Langkah-langkah dalam mengembangkan media pembelajaran ini yaitu sebagai berikut : (1) Tahap analisis; (2) Tahap perancangan; (3) Tahap pengembangan; (4) Tahap validasi dan uji coba; (5) Tahap akhir produk media. Setelah menghasilkan produk berupa media pembelajaran menggunakan software Adobe Flash CS6, kemudia diuji kelayakannya dengan melakukan validasi dengan dosen ahli materi dan dosen ahli media. Komentar dan saran dari hasil validasi digunakan untuk merevisi produk. Setelah media dinyatakan layak, kemudian dilakukan penilaian oleh guru mata pelajaran dan uji coba media pada siswa kelas XI Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 8 Medan yang berjumlah 31 siswa, dan dilanjutkan dengan uji efektifitas oleh guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Ahli materi pelajaran Rias Wajah Khusus dan Kreatif pada kriteria Baik (82,5%); (2) Ahli media pembelajaran pada kriteria Sangat Baik (91,9%); (3) Uji coba kelompok kecil pada kriteria Cukup Baik (67,6%); (4) Uji coba kelompok sedang pada kriteria Baik (77,4%); (5) Uji coba kelompok besar pada kriteria Sangat Baik (88,9%); (6) Uji efektifitas siswa pada kriteria Sangat Baik (88,5%); (7) Uji efektifitas guru pada kriteria Sangat Baik (91%); ini membuktikan tingkat keefektivan Media Pembelajaran Interaktif Adobe Flash CS6 yang dikembangkan Sangat Baik dan Efektiv digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 RIAS 030 |
Keywords: | MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ADOBE FLASH CS 6, RIAS WAJAH KHUSUS DAN KREATIF |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 14:19 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33333 |