REZEKI, LAYLI (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VI SDN 101769 TEMBUNG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311031. COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 1143311031_APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
3. NIM. 1143311031_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM. 1143311031_ACKNOWLEDMENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM. 1143311031_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 1143311031_LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
7. NIM. 1143311031_LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143311031_LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1143311031_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
13. NIM. 1143311031_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 1143311031_REFERENCE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas serta tingkat keefektivan model pembelajaran the learning cell terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 101769 Tembung. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VI-B SDN 101769 Tembung berjumlah 36 siswa
yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki, sampel pada penelitian ini menggunakan Total Sampling yaitu keseluruhan siswa kelas VI-B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif berbentuk pilihan berganda. Analisis data yang digunakan adalah uji Liliefors, uji t paired sample t-test, dan rumus eta squared. Berdasarkan pre-test diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 14,49 sedangkan pada post-test diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 10,90. Hasil analisis menggunakan uji t untuk menguji hipotesis menunjukkan efektif secara signifikan dengan thitung > ttabel yakni 49,41 > 1,69. Berdasarkan hasil analisis data statistik dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran the learning cell efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 101769 Tembung serta memiliki tingkat efektif 0,98. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran the learning cell memiliki tingkat pengaruh besar terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 154 |
Keywords: | Model pembelajaran the learning cell, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 14:10 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33325 |