Sardini, Anggie (2018) HUBUNGAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER I PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 10 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123341004_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 4123341004_PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
3. NIM. 4123341004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 4123341004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
5. NIM. 4123341004_ DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 4123341004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4123341004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 4123341004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 4123341004_BAB I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
13. NIM. 4123341004_BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. NIM. 4123341004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat dengan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 200 siswa dan sampel terdiri dari 50 siswa yang diambil dengan teknik proportionate
stratified random sampling. Minat belajar biologi yang dimiliki siswa di sekolah tersebut memiliki rata-rata skor 150,14 dan hasil belajar biologi siswa yang terdiri dari tes instrumen kognitif dengan rata-rata 66,32 dan dari penilaian afektif
dengan rata-rata 72,16. Hasil analisis data diketahui bahwa kedua variabel
berdistribusi normal dan homogen. Perhitungan koefisien korelasi didapat rhitung <
rtabel (-0,0021 < 0,279) artinya ada korelasi yang negatif antara minat dengan hasil
belajar biologi dari tes instrumen kognitif. Sedangkan korelasi dari minat dengan hasil belajar biologi dari penilaian afektif didapat rhitung < rtabel (0,16 < 0,279)
artinya nilai koefisien korelasi yang didapat bernilai korelasi negatf dan tingkat korelasinya adalah sangat rendah. Pengujian hipotesis dari minat belajar dengan hasil belajar dari tes instrumen kognitif diperoleh thitung (-0,14) > ttabel (-2,01063) berarti Ho ditolak sekaligus menerima Ha. Dan pengujian hipotesis dari minat belajar dengan hasil belajar dari penilaian afektif diperoleh thitung (1,123) < ttabel
(2,01063) berarti Ho diterima sekaligus menolak Ha. Dengan demikian dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat dengan hasil belajar biologi dari tes instrumen kognitif siswa tetapi tidak terdapat hubungan yang signifikan antara minat dengan hasil belajar biologi dari penilaian afektif siswa di kelas X SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 071 |
Keywords: | Minat Belajar, Hasil Belajar Biologi Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 14:09 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33324 |