Manurung, Ade Karunia Rizky (2018) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN BEREMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BHUSTANUL ATFHAL 07 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 1143113001 ADE KARUNIA RIZKY MANURUNG - 01 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
NIM. 1143113001 ADE KARUNIA RIZKY MANURUNG - 02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
NIM. 1143113001 ADE KARUNIA RIZKY MANURUNG - 03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
NIM. 1143113001 ADE KARUNIA RIZKY MANURUNG - 04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
NIM. 1143113001 ADE KARUNIA RIZKY MANURUNG - 05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
NIM. 1143113001 ADE KARUNIA RIZKY MANURUNG - 06 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM. 1143113001 ADE KARUNIA RIZKY MANURUNG - 07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
NIM. 1143113001 ADE KARUNIA RIZKY MANURUNG - 08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
NIM. 1143113001 ADE KARUNIA RIZKY MANURUNG - 09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
NIM. 1143113001 ADE KARUNIA RIZKY MANURUNG - 13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
NIM. 1143113001 ADE KARUNIA RIZKY MANURUNG - 14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini yang menjadi sebuah masalah adalah kemampuan berempati anak yang belum berkembang dengan baik. kemampuan berempati merupakan kemampuan individu dalam memahami apa yang terjadi pada orang lain yang ada disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berempati anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bhustanul Atfhal 07 Medan T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (eksperimen) dengan desain Quasi Eksperimental, dengan bentuk Posstest Only Control Design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama, yaitu kelas B Dahlia (Eksperimen) dan Kelas B Mawar (Kontrol). Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berempati pada anak usia 5-6 tahun meningkat setelah menggunakan metode bercerita. Berdasarkan
hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 3,47, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 17,73. Hasil pengujian menunjukkan bahwa metode bercerita memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan
berempati anak dengan X2 Hitung >X2 Tabel, yaitu 10,8 > 7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode bercerita terhadap pengembangan kemampuan berempati anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bhustanul Atfhal 07 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 031 |
Keywords: | Metode Bercerita ; Kemampuan Berempati |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 14:05 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33322 |