AULIA, IRVAL (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASE LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS DI KELAS XI MA AISYIYAH KOTA BINJAI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 4133321057 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
02. NIM. 4133321057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
03. NIM. 4133321057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
04. NIM. 4133321057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
05. NIM. 4133321057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
06. NIM. 4133321057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
07. NIM. 4133321057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
08. NIM. 4133321057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
09. NIM. 4133321057 BAB I.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
13. NIM. 4133321057 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM. 4133321057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem base learningterhadap hasil belajar siswa pada materi teori kinetik gasdikelas XI MA Aisyiyah Kota Binjai T.A 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain penelitian control group pretest-posttest. Sampel kelas diambil dengan metode cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA 2 berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 1 berjumlah 33 orang sebagai
kelas kontrol.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah soal 7 buah yang telah dinyatakan valid oleh para ahli. Sebelum dilakukannya pembelajaran terlebih dahulu dilakukan pretes
kepada kedua kelas. Kemudian dilakukan Uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji-t 2 pihak terhadap hasil pretes kedua kelas untuk mengetahui kesamaan kemampuan awal siswa. . Uji Normalitas kelas kontrol diperoleh Lhitung< Ltabel
(0,1538< 0,1543) dan kelas eksperimen diperoleh Lhitung< Ltabel (0,1245< 0,1543) sehingga dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Uji Homogenitas diperoleh Ftabel =1,805 dengan kriteria pengujian homogenitas Fhitung < Ftabel yakni
0,9932< 1,805 maka dapat dinyatakan bahwa kedua sampel memiliki varians yang sama. Uji t- 2 pihak thitung< ttabel (-08306<1,9988), maka kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Setelah hasil uji dinyatakan normal dan homogen,
kemudian dilaksanakan pembelajaranmenggunakan model problem base learning di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Aktivitas siswa diambil sesuai dengan rubrik menggunakan lembar observasi dan dilakukan oleh 2 orang observer. Setelah pembelajaran selesai selanjutnya dilakukan postes. Untuk hasil postes dilakukan kembali uji Normalitas, uji Homogeneitas, dan uji-t 1 pihak Perhitungan Aktivitas siswa pada pertemuan I adalah 65% tergolong kategori cukup aktif, pertemuan II 70% pada kategori cukup aktif dan pada pertemuan III terjadi peningkatan menjadi 75% kategori aktif. Rata-rata observasi aktivitas yaitu 70% pada kategori cukup aktif. Uji hipotesis menggunakan uji-t satu pihak, hasil perhitungan
statistik diperoleh nilai thitung sebesar3,2025dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dan dk = 64 adalah 1,6694 sehingga thitung> ttabel(3,2025> 1,6694). Adanya perbedaan tersebut, berarti ada pengaruh model problem base learning terhadap hasil belajar siswa pada materi teori kinetik gas di kelas XI MA Aisyiyah Kota Binjai T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 070 |
Keywords: | Model Problem Base Learning, Teori Kinetik Gas, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 14:00 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33319 |