KHAFSARI, RHAMA WIDI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL TALKING STICK PADA PELAJARAN IPS MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS V SDN 101767 TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111069_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 1141111069_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
3. NIM. 1141111069_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 1141111069_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
5. NIM. 1141111069_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1141111069_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1141111069_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1141111069_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1141111069_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 1141111069_BAB I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
15. NIM. 1141111069_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM. 1141111069_BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa jika digunakan model Talking Stick
pada mata pelajaran IPS Kelas V. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VB SD Negeri 101767 Tembung yang
berjumlah 23 orang siswa yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan model pembelajaran Talking Stick. Prosedur penelitian terdiri dari 2 siklus yakni siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes
dan observasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian adalah sebagai berikut: nilai rata-rata dari 23 orang siswa hasil belajar pada pre test adalah 57,39 yaitu
sebanyak 7 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan 30,43%
dan yang tidak tuntas sebanyak 16 orang siswa dengan persentase 69,56%. Dari data post test yang telah dilakukan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa
adalah 69,34 yaitu sebanyak 13 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan 56,52% dan yang tidak tuntas sebanyak 10 orang siswa dengan persentase 43,48%. Dari data post test yang telah dilakukan pada siklus II
diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 84,34 yaitu sebanyak 20 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase 86,95% dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa dengan persentase 13,04%. Maka dari itu, hasil pre test sampai dengan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 46,95%. Dari hasil analisis data
dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 101767 Tembung Tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 134 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Talking Stick, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 13:51 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33310 |