POHAN, RIZKAH MAHYUNI (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH BELANDA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311055_COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 1143311055_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
3. NIM. 1143311055_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM. 1143311055_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 1143311055_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM. 1133151055_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1133151055_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1133151055_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1133151055_BAB I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
13. NIM. 1133151055_BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 1133151055_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan serta kefektifan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning yang dikembangkan pada materi Perjuangan Melawan Penjajah Belanda di Kelas V Sekolah Dasar berdasarkan ahli (validator) dan ketuntasan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan perangkat pembelajaran ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations). Kelayakan LKPD berbasis pendekatan CTL yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi mencapai presentase kevalidan 97,5%, ahli desain tingkat kevalidan 91% dan praktisi pendidikan tingkat kevalidan sebesar 97% lembar kerja peserta didik yang dikembangkan masuk kedalam kriteria valid dan layak digunakan. Keefektifan LKPD berbasis pendekatan contextual teaching and learning yang dikembangkan berdasarkan hasil belajar siswa. Berdasarkan data ketuntasan belajar individual dari 25 siswa hanya 1 siswa yang tidak tuntas dan 24 siswa lainnya tuntas. Berdasarkan ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 96% dengan presentasi peningkatan gain skor mencapai 0,73 dengan kategori tinggi. Serta diketahui bahwa thit > ttab (4,72 > 2,011) sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan LKPD yang dikembangkan dan dengan menggunakan buku ulangan harian pada materi perjuangan melawan penjajah Belanda di SD Negeri 101776 Sampali. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Perjuangan Melawan Penjajah Belanda Kelas V terbukti layak dan efektif digunakan di SD Negeri 101776 Sampali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 132 |
Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik, Contextual Teaching and Learning, IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 12:01 |
Last Modified: | 21 Mar 2019 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33295 |