PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH BELANDA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

POHAN, RIZKAH MAHYUNI (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH BELANDA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143311055_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143311055_COVER.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143311055_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143311055_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (598kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143311055_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143311055_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143311055_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143311055_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143311055_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143311055_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133151055_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133151055_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133151055_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133151055_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1133151055_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1133151055_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1133151055_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1133151055_BAB I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1133151055_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1133151055_BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1133151055_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1133151055_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan serta kefektifan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning yang dikembangkan pada materi Perjuangan Melawan Penjajah Belanda di Kelas V Sekolah Dasar berdasarkan ahli (validator) dan ketuntasan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan perangkat pembelajaran ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations). Kelayakan LKPD berbasis pendekatan CTL yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi mencapai presentase kevalidan 97,5%, ahli desain tingkat kevalidan 91% dan praktisi pendidikan tingkat kevalidan sebesar 97% lembar kerja peserta didik yang dikembangkan masuk kedalam kriteria valid dan layak digunakan. Keefektifan LKPD berbasis pendekatan contextual teaching and learning yang dikembangkan berdasarkan hasil belajar siswa. Berdasarkan data ketuntasan belajar individual dari 25 siswa hanya 1 siswa yang tidak tuntas dan 24 siswa lainnya tuntas. Berdasarkan ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 96% dengan presentasi peningkatan gain skor mencapai 0,73 dengan kategori tinggi. Serta diketahui bahwa thit > ttab (4,72 > 2,011) sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan LKPD yang dikembangkan dan dengan menggunakan buku ulangan harian pada materi perjuangan melawan penjajah Belanda di SD Negeri 101776 Sampali. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Perjuangan Melawan Penjajah Belanda Kelas V terbukti layak dan efektif digunakan di SD Negeri 101776 Sampali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 132
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Contextual Teaching and Learning, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 12:01
Last Modified: 21 Mar 2019 07:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33295

Actions (login required)

View Item
View Item