MEHA, EVI BORKAH (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2131111017 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
02. NIM 2131111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
03. NIM 2131111017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
04. NIM 2131111017 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
05. NIM 2131111017 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
06. NIM 2131111017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
07. NIM 2131111017 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM 2131111017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
09. NIM 2131111017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
13. NIM 2131111017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
14. NIM 2131111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Reflektif terhadap kemampuan memproduksi teks cerpen oleh siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini berjumlah 333 siswa. Dari 333 siswa, ditetapkan 36 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes hasil belajar memproduksi teks cerpen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa memproduksi teks cerpen sebelum menggunakan model pembelajaran Reflektif masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 62,5 sedangkan setelah diadakan penerapan model termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,05. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 8,93 > 2,03 pada taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu model pembelajaran Relektif berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan memproduksi teks cerpen oleh siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 066 |
Keywords: | REFLEKTIF, MEMPRODUKSI, TEKS CERPEN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 11:44 |
Last Modified: | 21 Mar 2019 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33283 |