Rahayu, Adventina Dwi (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA CITRA NONFOTO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENGINDERAAN JAUH DI KELAS XII-PIS1 SMAN 2 PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 3132131002 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. 3132131002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
3. 3132131002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. 3132131002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. 3132131002 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. 3132131002 TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. 3132131002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. 3132131002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. 3132131002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
14. 3132131002 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15. 3132131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Media Citra Nonfoto pada materi penginderaan jauh di Kelas XII-PIS1 SMAN 2 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di SMAN 2 Pematangsiantar pada Tanggal 27 Oktober 2017 s/d 11 November 2017. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas XII-PIS1 yang berjumlah 45 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dengan menggunakan lembar pengamatan afektif, psikomotorik dan komunikasi tidak langsung seperti Laporan Kerja Siswa (LKS), test. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Penerapan Model Discovery Learning dan Media Citra Nonfoto dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penginderaan jauh : (1) aspek kognitif sebesar 72%, (2) aspek psikomotorik sebesar 13%, (3) aspek afektif sebesar 20%. Adanya peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 69% dari 18% di siklus I menjadi 87% di siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 GEO 045 |
Keywords: | Model Discovery Learning, Citra Nonfoto, Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 11:31 |
Last Modified: | 20 Mar 2019 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33269 |