SIBURIAN, BORNOK P. (2018) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR KELISTRIKAN OTOMOTIF PADA SISWA KELAS XI SMK N 1 POLLUNG T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133122004 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 5133122004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
3. NIM 5133122004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
4. NIM 5133122004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
6. NIM 5133122004 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM 5133122004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
7. NIM 5133122004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 5133122004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM 5133122004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
13. NIM 5133122004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 5133122004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar kompetensi sistem pengapian konvensional pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Pollung tahun Pelajaran 2017/ 2018 yang pembelajarannya menggunakan media peraga sistem pengapian. Sebelum penelitian dimulai telebih dahulu dibuat media peraga sistem pengapian untuk penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kompetensi sistem pengapian konvensional sebelum dan sesudah menggunakan media peraga sistem pengapian. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis pre test – post test control group design, yaitu adanya pre test pada kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis data mendapatkan bahwa ada peningkatan antara hasil belajar kompetensi sistem pengapian konvensionl sebelum dan setelah menggunakan media peraga sistem pengapian. Hal itu terlihat pada hasil nilai rata-rata kelompok eksperimen sebelum menggunakan media peraga sistem pengapian (pre test) sebesar 45,71 dan nilai rata-rata kelompok eksperimen setelah menggunakan media peraga sistem pengapian (post test) sebesar 82,28, sehingga penggunaan media peraga sistem pengapian telah berjalan dengan baik karena hasil belajar kompetensi sistem pengapian konvensional mengalami peningkatan dari sebelum menggunakan media peraga sistem pengapian. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar kompetensi sistem pengapian konvensional meningkat setelah menggunakan media peraga sistem pengapian pada siswa kelasXI KR I SMK Negeri 1 Pollung. Hal ini terlihat dari hasil postes yang dicapai kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Besar persentase peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penelitian pada kelas eksperimen adalah sebesar 13,72%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 10,48%..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 OTM 004 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, MEDIA PERAGA SISTEM PENGAPIAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 11:24 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33261 |