HARAHAP, ILHAM SUTAN HIDAYAT (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR KELAS X TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK SWASTA TELADAN SEI RAMPAH T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5111121004 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM. 5111121004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
3. NIM. 5111121004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4. NIM. 5111121004 PREFACE - for merge.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 5111121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 5111121004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 5111121004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
8. NIM. 5111121004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 5111121004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
13. NIM. 5111121004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM. 5111121004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Pada mata Pelajaran alat ukur kompetensi dasar menggunakan peralatan pembanding dan pengukuran dasar siswa kelas X Teknik Sepeda Motor SMK Swasta Teladan Sei Rampah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Sepeda Motor SMK Swasta Teladan Sei Rampah sebanyak 32 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan alat ukur pada kompetensi dasar menggunakan peralatan pembanding dan/atau pengukuran dasar pada pokok bahasan penyetelan/pengukuran dan pemeliharan jangka sorong dan mikrometer sesuai dengan prosedur operasi standar. Sebelum dilaksanakan tindakan pada siklus I, Siswa terlebih dahulu diberikan soal pretest untuk melihat kemampuan awal siswa. Pada siklus I Nilai rata – rata siswa 72,906 dengan ketuntasan klasikal 56,25% dan setelah dilakukannya perbaikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada Siklus II diperoleh Nilai rata – rata siswa menjadi 84,031 dengan ketuntasan klasikal 84,375%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata diklat alat ukur kompetensi dasar memelihara peralatan pembanding dan pengukuran dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 028 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 10:59 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33239 |