Situmorang, Falen Mutiara Sari (2018) EFEKTIVITAS TEKNIK SCANNING DALAM MEMAHAMI ISI BACAAN PADA KELAS XI IPA 1 SMA SWASTA SANTA MARIA TARUTUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2133111027 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
02. NIM 2133111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
03. NIM 2133111027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
04. NIM 2133111027 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
05. NIM 2133111027 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
06. NIM 2133111027 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. NIM 2133111027 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. NIM 2133111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
12. NIM 2133111027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM 2133111027 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas teknik scanning terhadap kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas XI IPA 1 SMA Santa Maria Tarutung Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Santa Maria Tarutung Tahun Pembelajaran 2017/2018 sebanyak 77 siswa. Sampel yang diambil secara acak sebanyak 38 siswa.Metode yang digunakakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental. Instrument yang digunakan adalah membaca teks dalam hati dan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks yang di baca dalam bentuk isian. Nilai rata-rata siswa pada saat pretest adalah62,33, sedangkan pada saat posttest adalah 75,16. Dengan demikian dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan memahami isi bacaan pada saat post test lebih tinggi dari pada pre test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 6,19, selanjutnya dikonsultasikan dengan table pada taraf signifikan 5% dengan dk= N-1 maka 30 – 1 = 29. Pada table t dengan df = 29 diperoleh Ttabel pada taraf signifikan 5% (0,05) = 2,04. Setelah dikonsultasikan, ternyata t0 yang diperoleh lebih besar dari Ttabel yaitu 6,19>2,04 pada alfa = 0,05. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari pada Ttabel, maka dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima.Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa teknik Scanning efektif terhadap kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas XI IPA 1 SMA Santa Maria Tarutung Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 063 |
Keywords: | Efektivitas; Teknik scanning; Pemahaman isi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 10:51 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 06:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33233 |