HARAHAP, JAMALUDDIN (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IIS SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN SEMESTER GENAP T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143131026 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 3143131026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
3. NIM. 3143131026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4. NIM. 3143131026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
5. NIM. 3143131026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 3143131026 TABLE.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
7. NIM. 3143131026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 3143131026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM. 3143131026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
14. NIM. 3143131026 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
15. NIM. 3143131026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI IIS SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Semester Genap T.A 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan tahun 2018, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS,terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 76 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan belajar kelas XI IIS SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yaitu berjumlah 41 orang yang menyebar di 2 kelas. Tenik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan dalam mempelajari pelajaran geografi ditinjau dari faktor dalam diri anak didik (intern) berupa kebiasaan belajar siswa yang kurang baik sebesar -0,07% yang berarti menghambat dan aktivitas belajar siswa yang kurang baik sebesar -0,03% yang berarti menghambat. 2. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan dalam mempelajari pelajaran geografi ditinjau dari faktor luar diri siswa (ekstern) berupa metode mengajar sebesar -0,07% yang berarti menghambat, alat/media yang kurang memadai -0,03% yang berarti dikategorikan menghambat, gedung dan perpustakaan sekolah sebesar -0,01% yang berarti dikategorikan menghambat, kedisiplinan/waktu sebesar -0,08% yang berarti dikategorikan menghambat, lingkungan keluarga sebesar -0,01% yang berarti dikategorikan menghambat dan lingkungan masyarakat -0,03% yang berarti dikategorikan menghambat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 GEO 041 |
Keywords: | BELAJAR, KESULITAN BELAJAR |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 10:47 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33228 |