Sylvia, Cici (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SANITASI DAN HYGIENE SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133144006 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 5133144006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
3. NIM. 5133144006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 5133144006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM. 5133144006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 5133144006 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 5133144006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5133144006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5133144006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. NIM. 5133144006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 5133144006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu untuk sejauh mana model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sanitasi dan hygiene siswa kelas X SMK Negeri 1 Beringin. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menerapkan model Pembelajaran problem posing. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa.
Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sanitasi dan hygiene siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Beringin tahun ajaran 2017/2018.Keberhasilan penerapan model pembelajaran problem posing sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa siswa pada materi materi sanitasi dan hygiene siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Beringin ditunjukkan dengan adanya perubahan dalam proses pembelajaran yaitu aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran. Juga ditunjukkan adanya peningkatan nilai tes akhir dari masing-masing siklus. Hasil belajar yang diperoleh pada saat pra siklus yang rata-ratanya 51,78 dengan tidak ada siswa yang tuntas secara individu dan tuntas secara klasikal. Pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar dimana rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 75,11 serta ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 63,33%. Sedangkan aktivitas siswa sebesar 55,20 berada pada kategori cukup aktif. Dilihat dari indikator keberhasilan, siklus I belum berhasil dan perlu perbaikan pada siklus II. Rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 83,85 dengan ketuntasan klasikal 86,67%. Sedangkan aktivitas siswa sebesar 79,47 berada pada kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 RIAS 024 |
Keywords: | model, problem posing,sanitasi hygiene, hasil belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT495 Human body and its parts. Personal beauty L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 10:06 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 06:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33194 |