Rahmayanti, Saudah (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS RISET DENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN SIKAP ILMIAH MATERI MIKROBIOLOGI PADA MAHASISWA BIOLOGI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166174018 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM. 8166174018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (776kB) | Preview
3. NIM. 8166174018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
4. NIM. 8166174018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 8166174018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 8166174018 TABLES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM. 8166174018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 8166174018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 8166174018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
13. NIM. 8166174018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
14. NIM. 8166174018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis riset
dengan penilaian portofolio terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan
proses sains dan sikap ilmiah mahasiswa pada materi mikrobiologi. Penelitian quasi
eksperimen ini menggunakan desain pretest – postest design. Penelitian dilaksanakan
pada 3 kelas yaitu Kelas A (pembelajaran berbasis riset dengan portofolio), Kelas B
(pembelajaran berbasis riset tanpa portofolio), dan Kelas C (pembelajaran langsung).
Jumlah mahasiswa pada tiap kelas berturut – turut 40, 35, dan 32 orang untuk kelas A, B,
dan C. Data kemampuan berpikir tingkat tinggi diperoleh dengan tes (C4 – C6) materi
Mikrobiologi. Keterampilan proses sains diperoleh dengan menggunakan tes, sedangkan
sikap ilmiah dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh ditabulasi dan dianalisis
dengan Manova (Multivariate analysis of variance) dan dilanjutkan dengan uji Tukey
pada taraf signifikansi α = 0.05 dengan menggunakan SPSS 23.0. hasil penelitian
menunjukkan, bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi signifikan lebih tinggi pada
kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis riset menyertakan portofolio (α =
0.05). Nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk kelas A, B, dan C berturut – turut
adalah 88.15 ± 2.89; 84.46 ± 2.25 dan 81.17 ± 2.48. Keterampilan proses sains (KPS)
mahasiswa pada materi Mikrobiologi pada kelas A yaitu 87.00 ± 3.01 signifikan lebih
tinggi dibandingkan dengan KPS pada kelas B (84.71 ± 2.29) dan kelas C (82.38 ± 2.55).
pembelajaran berbasis riset dengan penilaian portofolio berpengaruh secara signifikan
terhadap sikap ilmiah mahasiswa pada materi Mikrobiologi. Nilai sikap ilmiah pada kelas
A, B, dan C berturut – turut adalah 86.85 ± 3.302; 84.91 ± 2.25 dan 81.97 ± 2.21. Sebagai
kesimpulan yaitu pembelajaran berbasis riset dengan penilaian portofolio signifikan
berpengaruh meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains
dan sikap ilmiah mahasiswa jurusan Biologi dalam pembelajaran Mikrobiologi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 572.5 Rah p |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Riset, Portofolio, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Mar 2019 05:55 |
Last Modified: | 09 Mar 2019 05:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33177 |