PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn SMP NEGERI PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL

Nasution, Wirdah Yanti (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn SMP NEGERI PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. Cover.pdf]
Preview
Text
01. Cover.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 02. Lembar Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf]
Preview
Text
02. Lembar Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version

Download (891kB) | Preview
[thumbnail of 03. Abstrak B.Indonesia + B.Inggris.pdf]
Preview
Text
03. Abstrak B.Indonesia + B.Inggris.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 04. Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
04. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 05. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
05. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 06. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
06. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 07. Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
07. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 08. Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
08. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 09. BAB 1.pdf]
Preview
Text
09. BAB 1.pdf - Published Version

Download (735kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 14. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan model pembelajaran
berbasis media interaktif pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri Panyabungan
Kabupaten Mandailing Natal (2) Untuk mengetahui keefektifan model
pembelajaran berbasis media interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri Panyabungan Kabupaten Mandailing
Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan
Model pengembangan produk Borg dan Gall. Model pengembangan produk
pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dan urutan
yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini
meliputi 5 tahapan yakni : perencanaan/desain pengembangan, pengembangan
produk, validasi ahli, uji coba, revisi dan produk akhir. Hasil penelitian
menunjukkan (1) Uji ahli materi pelajaran PKn berada pada kualifikasi sangat
layak 96,1%, (2) uji ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat layak
97,27 %, (3) Uji ahli perangkat lunak berada pada kualifikasi sangat layak
91,07%, (4) Uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat layak 92,3%, (5)
Uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak 93,9%, (6) Uji coba
lapangan berada pada kualifikasi sangat layak 97,61% sesuai pedoman kriteria
penilaian dengan persentase 76% ≤ X ≤ 100% maka model pembelajaran berbasis
media interaktif layak diterapkan. Dari hasil belajar terdapat perbedaan hasil
belajar siswa sebesar 43,5 yang dibelajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran berbasis media interaktif yang lebih efektif dibandingkan dengan
yang dibelajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis media
interaktif dengan nilai sebesar 32,46. Hasil pengujian hipotesis membuktikan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang
dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis media interaktif
dengan tanpa model pembelajaran berbasis media interaktif. Hal ini ditunjukkan
dengan hasil pengolahan data thitung = 1,97, pada taraf signifikansi α = 0,05 ttabel =
1,69. Disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis media interaktif yang
dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar PKn.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.1 Nas p
Keywords: Hasil Belajar PKn, Model Pembelajaran, Media Interaktif
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Mar 2019 10:15
Last Modified: 06 Mar 2019 10:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33145

Actions (login required)

View Item
View Item