Ritonga, Dwi Isnainy (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET GEOGRAFI BERBASIS LITERASI. Masters thesis, UNIMED.
01. Cover.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
02. Lembar Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
03. Abstrak B.Indonesia + B.Inggris.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
04. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
05. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
06. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
08. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
08. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
09. Bab I.docx.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
13. Bab V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran booklet
geografi berbasis literasi serta mengetahui keefektifan media pembelajaran booklet
geografi berbasis literasi terhadap hasil belajar siswa. Tahapan penelitian ii adalah tahapan
analisis kebutuhan, tahap perencanaan media pembelajaran booklet geografi (design),
tahap pengembangan (develop), dan tahap ujicoba (validasi). Hasil penelitian ini
menunjukkan (1) Uji ahli materi georafi berada di kualifikasi sangat baik (90,45%), (2)
Uji ahli media pembelajaran berada di kualifikasi sangat baik (84,96%), (3) Uji ahli desain
pembelajaran berada di kualifikasi sangat baik (94%), (4) Uji coba perorangan berada
pada kualifikasi sangat baik (94,81%), (5) Uji coba kelompok kecil berada pada
kualifikasi sangat baik (96,06%), (6) Uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat
baik (99,52%). Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran booklet
geografi berbasis literasi dengan yang menggunakan media pembelajaran booklet geografi
berbasis literasi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data thitung = 15,78 , pada
taraf signifikansi α = 0.05 ttabel = 1,69. Disimpulkan bahwa media pembelajaran booklet
geografi berbasis literasi yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil
belajar geografi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Rit p |
Keywords: | Hasil Belajar Geografi, Media Pembelajaran, Booklet Berbasis Literasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Mar 2019 10:07 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 10:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33144 |