PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET GEOGRAFI BERBASIS LITERASI

Ritonga, Dwi Isnainy (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET GEOGRAFI BERBASIS LITERASI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. Cover.pdf]
Preview
Text
01. Cover.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 02. Lembar Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf]
Preview
Text
02. Lembar Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of 03. Abstrak B.Indonesia + B.Inggris.pdf]
Preview
Text
03. Abstrak B.Indonesia + B.Inggris.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 04. Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
04. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 05. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
05. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 06. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
06. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 08. Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
08. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 08. Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
08. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 09. Bab I.docx.pdf]
Preview
Text
09. Bab I.docx.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[thumbnail of 13. Bab V.pdf]
Preview
Text
13. Bab V.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 14. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran booklet
geografi berbasis literasi serta mengetahui keefektifan media pembelajaran booklet
geografi berbasis literasi terhadap hasil belajar siswa. Tahapan penelitian ii adalah tahapan
analisis kebutuhan, tahap perencanaan media pembelajaran booklet geografi (design),
tahap pengembangan (develop), dan tahap ujicoba (validasi). Hasil penelitian ini
menunjukkan (1) Uji ahli materi georafi berada di kualifikasi sangat baik (90,45%), (2)
Uji ahli media pembelajaran berada di kualifikasi sangat baik (84,96%), (3) Uji ahli desain
pembelajaran berada di kualifikasi sangat baik (94%), (4) Uji coba perorangan berada
pada kualifikasi sangat baik (94,81%), (5) Uji coba kelompok kecil berada pada
kualifikasi sangat baik (96,06%), (6) Uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat
baik (99,52%). Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran booklet
geografi berbasis literasi dengan yang menggunakan media pembelajaran booklet geografi
berbasis literasi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data thitung = 15,78 , pada
taraf signifikansi α = 0.05 ttabel = 1,69. Disimpulkan bahwa media pembelajaran booklet
geografi berbasis literasi yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil
belajar geografi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.12 Rit p
Keywords: Hasil Belajar Geografi, Media Pembelajaran, Booklet Berbasis Literasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Mar 2019 10:07
Last Modified: 06 Mar 2019 10:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33144

Actions (login required)

View Item
View Item