PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X TIPTL SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A 2018/2019

FADLY, MUHAMMAD (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X TIPTL SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5133131020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5133131020 COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5133131020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5133131020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5133131020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5133131020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5133131020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5133131020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5133131020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5133131020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5133131020  ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5133131020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5133131020 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5133131020 TABLES.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5133131020 APPENDIX LIST.-.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5133131020 APPENDIX LIST.-.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 5133131020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM 5133131020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (946kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5133131020  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5133131020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5133131020  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5133131020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
kelas X Teknik Ketenaga listrikan pada mata pelajaran Dasar dan elektronika dengan
menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing di SMK Negeri 1
Lubuk Pakam.
Pelaksanaan pembelajaran di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam masih
menggunakan model pembelajaran konvensional dengan menerapkan metode
ceramah untuk menyampaikan materi pelajaran. Hal ini menjadikan proses
pembelajaran berjalan satu arah, sehingga mengakibatkan hasil belajar yang dicapai
oleh siswa kurang maksimal.
Jenis penelitian quasi eksperimen, yaitu penelitian yang berusaha
mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara dua kelas yang diberikan
dengan perlakuan yang berbeda. Rancangan penelitian eksperimen dengan desain
Posttest Only Control Design. Hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik diketahui
dengan memberikan tes pada kedua kelas eksperimen sesudah diberikan perlakuan
untuk mendapatkan nilai hasil akhir.
Hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika dengan menggunakan model
pembelajaran Konvensional menghasilkan nilai rata-rata sebesar 70 dengan Standar
Deviasi 11,44 dan hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik menggunakan model
pembelajaran Active Knowledge Sharing menghasilkan nilai rata-rata sebesar 78,44
dengan Standar Deviasi 11,66. Rata-rata hasil post test untuk kelas eksperimen lebih
tinggi dari kelas kontrol dan sudah memenuhi Kreteria Ketuntasan Minimum (KKM)
> 75. Pengujian hipotesis menngunakan Uji t karena hasil analisis yang diperoleh
penelitian ini diperoleh thitung = 2,813 sedangkan ttabel =1,03 atau thitung = 2,813 > 1,03.
Berdasarkan nilai hasil belajar tersebut maka diketahui terdapat perbedaan hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Konvensional dan hasil
belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Dasar
Listrik Dan Elektronika Kelas X TIPTL di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun
Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 ELK 011
Keywords: Hasil Belajar, Actiive Knowledge Sharing, Konvensional, Dasar Listrik Dan Elektronika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Mar 2019 10:54
Last Modified: 15 Mar 2019 03:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33050

Actions (login required)

View Item
View Item