SUGITO, DEDEK GANANG (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5121 111 002 COVER.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2. NIM. 5121 111 002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (657kB) | Preview
3. NIM. 5121 111 002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
4. NIM. 5121 111 002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. NIM. 5121 111 002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM. 5121 111 002 TABLE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 5121 111 002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 5121 111 002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
9. NIM. 5121 111 002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (858kB) | Preview
13. NIM. 5121 111 002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
14. NIM. 5121 111 002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang berbeda penggunaan media pembelajaran berbasis komputer (online) dengan penggunaan media pembelajaran visual (offline) terhadap hasil belajar menggambar teknik dasar. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas TGB 1 berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas TGB 2 berjumlah 26 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment yang menggunakan desain Pre-Test dan Post-Test. Di kelas eksperimen diberi perlakuan meggunakan media pembelajaran berbasis komputer melalui google classroom (online) dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran visual yaitu sering digunakan pada umumnya berupa modul, papan tulis an sebagainya (offline). Instument penelitian terlebih dahulu diuji cobakan dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya beda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar menggambar tenik dasar dari 30 butir soal tes yang diuji cobakan diperoleh 24 butir soal valid dengan koefisien reliabilitas 0,879 termasuk sangat tinggi. Untuk indeks kesukaran soal terdapat 26 soal yang sedang dan 4 soal yang mudah dan daya pembeda soal terdapat 11 soal baik,12 soal cukup, 7 soal jelek. Selanjutnya, sebelum analisis data terlebih dahulu di lakukan uji normalitas dan homogenitas dengan 24 butis tes yang memenuhi syarat. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis varians satu jalur. pre-test diperoleh Fhitung = 0,199 < Ftabel = 4,04. Untuk post-test diperoleh Fhitung = 4,13 > Ftabel = 4,04. H0 :µ1=µ2 ditolak dan Ha :µ1 ≠ µ2 diterima. Berdasarkan hasil uji-t sampel independen rata-rata post-test pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (2,072 > 1,679). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggambar teknik dasar yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis komputer (online) lebih tinggi dari pada hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran visual (offline) siswa kelas X TGB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 009 |
Keywords: | HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK, MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER, MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Mar 2019 10:52 |
Last Modified: | 09 May 2019 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33048 |