Prasetyo, Romylie Dian (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERNET DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 8 DAN SMP GAJAH MADA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1-071188230050_KataPengantar.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
2-071188230050_Abstrak.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
3-071188230050_DaftarIsi.pdf - Published Version
Download (0B)
4-071188230050_Bab_I.pdf - Published Version
Download (703kB) | Preview
5-071188230050_Bab_V.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
6-071188230050_DaftarPustaka.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar IPSsiswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif menggunakan mediainternet dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan modelpembelajaran ekspositori menggunakan media internet, (2) perbedaan hasil belajarIPS siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif dengan siswa yang memilikiinteraksi sosial kompetitif, (3) interaksi antara model pembelajaran menggunakanmedia Internet dengan interaksi sosial terhadap hasil belajar IPS.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 danSMP Gajah Mada terdiri dari 10 kelas berjumlah 395 orang siswa. Sampelpenelitian terdiri dari 4 kelas berjumlah 158 siswa, 2 kelas dengan jumlah 80 oranguntuk model pembelajaran kooperatif menggunakan media internet dan 2 kelasdengan jumlah 78 orang untuk model pembelajaran ekspositori menggunakan mediainternet. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling.Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihanganda dengan 4 pilihan jawaban (r = 0,88). Metode penelitian menggunakan metodequasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis datamenggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 33 soal tes hasil belajar IPS yangdiberikan diperoleh (1) hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan modelpembelajaran kooperatif menggunakan media internet ( X =24,28) lebih tinggi darihasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori menggunakanmedia internet ( X = 22,58), dengan Fhitung = 13,92 > Ftabel = 3,91 , (2) hasil belajarIPS siswa dengan interaksi sosial kooperatif ( X =24,61) lebih tinggi dari hasil belajarsiswa dengan interaksi sosial kompetitif ( X = 22,23), dengan Fhitung= 27,38 > Ftabel3,91, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran menggunakan media internetdan interaksi sosial terhadap hasil belajar IPS, dengan Fhitung= 29,66 > Ftabel = 3,92.Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan perbedaan hasil belajar IPSyang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajarankooperatif menggunakan media internet dengan model pembelajaran ekspositorimenggunakan media internet, begitu juga dengan hasil belajar IPS antara interaksisosial kooperatif dengan interaksi sosial kompetitif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Pra p |
Keywords: | Media Program (pendidikan) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2016 19:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3304 |