Sigalingging, Murdiono (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123311020 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 5123311020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
3. NIM. 5123311020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 5123311020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM. 5123311020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM. 5123311020 TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM. 5123311020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5123311020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 5123311020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
13. NIM. 5123311020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM. 5123311020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kontekstual memberikan pengaruh yang berbeda dibandingkan dengan pembelajaran langsung dan besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual memberikan pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan pembelajaran langsung pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam semester ganjil Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Prosedur perlakuan dikemas ke dalam RPP. Dimana perlakuan pada kelas eksperimen TGB-B menggunakan model pembelajaran kontekstual sedangkan pada kelas kontrol TGB-A menggunakan pembelajaran langsung. Materi mempelajari jenis-jenis dan fungsi alat gambar teknik. Untuk memproleh data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan tes objektif sebanyak 24 soal, yang mana sebelumnya tes ini ada 30 soal, akan tetapi setelah diuji cobakan pada kelas XI di luar sampel penelitian untuk melihat kesahian tes, terdapat 24 soal yang memenuhi analisis instrument tes dengan reliabilitas soal sebesar 0,895. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan, diketahui bahwa data pre-tes dan post-tes dari kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen).Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) penggunaan model pembelajaran kontekstual memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar gambar teknik pada siswa kelas X Progran Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2017/2018 dimana berdasarkan hasil pengujian hipotesis untuk post-tes Fhitung = 1,33 > Ftabel =1,65, maka Ha diterima dan Ho ditolak dalam taraf 0,05. 2) penggunaan model pembelajaran kontekstual memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran langsung, yang dilanjutkan ke uji-t diperoleh thitung = 7,259 > ttabel = 1,993 maka Ha diterima dan H0 ¬ ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 010 |
Keywords: | Konstektual (CTL), Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Bahasa dan Seni |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 05 Mar 2019 10:01 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33033 |