Silaban, Saut Maratur (2009) HUBUNGAN PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KINERJA GURU SMK NEGERI KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN. Masters thesis, UNIMED.
1-071188130050 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
2-071188130050 Abstrak.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3-071188130050 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
4-071188130050 Bab I.pdf - Published Version
Download (953kB) | Preview
5-071188130050 Bab V.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
6-071188130050 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi dengan kinerja guru. Penelitiar. ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, hubungan motivasi berprestasi dengan kinerja guru, hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kinerja guru di SMK Negeri Kabupaten Humbang HasundutanVariabel yang diteliti yaitu perilaku kepemimpinan kepala sekolah (X1), motivasi berprestasi (X2) dan kinerja guru (Y). Populasi penelitian ini yaitu seluruh guru SMK Negeri Kabupaten Humbang Hasundutan yang berjumlah 136 orang, dan diambil sampel penelitian sebanyak 56 orang. Instrumen yang digunakan angket, terlebih dahuli. diujicobakan. Hasil uji coba angket perilaku kepemimpinan kepala sekolah diperoleh 2 butir yang tidak valid dengan koefisien reliabilitas 0,919. Hasil uji coba angket motivasi berprestasi diperoleh 3 butir yang tidak valid dengan koefisien reliabilitas 0,875. Hash uji coba angket kinerja guru diperoleh 2 butir yang tidak valid dengan koefisien reliabilitas 0,999.Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi dan inferensial yang meliputi analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi termasuk kategori tinggi atau kuat serta kinerja guru termasuk kategori tinggi atau kuat. Kemudian terdapat hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru dengan ry.1 = 0,69 ; motivasi berprestasi mempunyai hubungan dengan kinerja guru dengan ry.2 = 0,63 ; dan terdapat hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kinerja , dimana Ry.12.= 0,77 pada taraf a = 5 %. Persamaan garis regresi ganda antara Icinea guru dengan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dart motivasi berprestasi yaitu Y = 53,74 + 0,51 X1 + 0,86 X2Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (I) terdapat hubungan positif yang berarti antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-soma dengan kinerja gutty SMK Negeri Kabupaten Humbang Hasundutan, (2) perilaku kepemimpinan kepale sekolah dan motivasi berprestasi signifikan menjelaslcan (mempengaruhi) kinerja guru dengan koefisien detertninasi sebesar 60 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.230 68 Sil h |
Keywords: | Kepemimpinan; Kepala sekolah; Motivasi; Prestasi; Perilaku |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2016 19:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3300 |