Astuti, SRI YUNI (2018) ANALISIS KESESUAIAN KOMPONEN RPP DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2142111028 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM 2142111028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
3. NIM 2142111028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. NIM 2142111028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM 2142111028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. NIM 2142111028 TABLES.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7. NIM 2142111028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
8. NIM 2142111028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
12. NIM 2142111028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
13. NIM 2142111028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan tujuan pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bersifat dokumen. Objek dari penelitian ini adalah RPP guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. RPP yang diambil adalah RPP guru kelas XI dengan KD 3.16 dan 4.16. Jumlah RPP yang dianalisis hanya 1 RPP guru. Metode yang penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument) dan pedoman analisis kesesuaian. Berdasarkan analisis data yang dilakukan bahwa indikator, media
pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran karena sudah memenuhi syarat tercapainya kesesuaian. Akan tetapi,
kegiatan pembelajaran dan materi pembelajaran kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran karena kurang memenuhi syarat tercapainya kesesuaian. Jadi, diperoleh
hasil penelitian menunjukan bahwa kesesuaian antara komponen RPP (indikator, kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar dan
penilaian hasil belajar) dengan tujuan pembelajaran yang dianalisis berdasarkan pedoman analisis kesesuaian mendapati skor 88,8 % dengan menyandang kategori sesuai (baik), karena skor sudah memenuhi kriteria sesuai (baik) yaitu >76. Namun belum dikategorikan sempurna atau belum memiliki skor 100 % karena beberapa komponen dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru masih memiliki ketidaksesuaian dengan tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 153 |
Keywords: | KESESUAIAN, RPP, GURU |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 15:14 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32994 |