ANALISIS KESESUAIAN KOMPONEN RPP DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Astuti, SRI YUNI (2018) ANALISIS KESESUAIAN KOMPONEN RPP DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2142111028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2142111028 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2142111028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2142111028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2142111028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2142111028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2142111028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2142111028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2142111028 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2142111028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2142111028 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2142111028 TABLES.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2142111028 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2142111028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2142111028 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2142111028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2142111028 CHAPTER  V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2142111028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2142111028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2142111028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan tujuan pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bersifat dokumen. Objek dari penelitian ini adalah RPP guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. RPP yang diambil adalah RPP guru kelas XI dengan KD 3.16 dan 4.16. Jumlah RPP yang dianalisis hanya 1 RPP guru. Metode yang penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument) dan pedoman analisis kesesuaian. Berdasarkan analisis data yang dilakukan bahwa indikator, media
pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran karena sudah memenuhi syarat tercapainya kesesuaian. Akan tetapi,
kegiatan pembelajaran dan materi pembelajaran kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran karena kurang memenuhi syarat tercapainya kesesuaian. Jadi, diperoleh
hasil penelitian menunjukan bahwa kesesuaian antara komponen RPP (indikator, kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar dan
penilaian hasil belajar) dengan tujuan pembelajaran yang dianalisis berdasarkan pedoman analisis kesesuaian mendapati skor 88,8 % dengan menyandang kategori sesuai (baik), karena skor sudah memenuhi kriteria sesuai (baik) yaitu >76. Namun belum dikategorikan sempurna atau belum memiliki skor 100 % karena beberapa komponen dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru masih memiliki ketidaksesuaian dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 153
Keywords: KESESUAIAN, RPP, GURU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Mar 2019 15:14
Last Modified: 22 Mar 2019 08:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32994

Actions (login required)

View Item
View Item