SARAGIH S, JOSRI RAHAYU BR (2018) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR VISUAL DAN POTENSI KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 5133321034 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM 5133321034 APRPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
3. NIM 5133321034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4. NIM 5133321034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5. NIM 5133321034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
7. NIM 5133321034 DRAW.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM 5133321034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
12. NIM 5133321034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
13. NIM 5133321034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya Hubungan Antara Gaya Belajar Visual dan Potensi Kreatif terhadap Kemampuan Membaca Gambar Teknik pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI program
keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan berjumlah 60 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian adalah 52 orang siswa kelas XI yang ditentukan secara acak. Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi, dimana data penelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel Gaya Belajar Visual dan Potensi Kreatif. Sedangkan untuk variabel Kemampuan Membaca Gambar Teknik dijaring dengan menggunakan dokumentasi nilai ujian. Jumlah instrumen angket Gaya Belajar Visual sebanyak 30 soal dan 25 soal yang valid dengan reliabilitas 0,975 tergolong sangat tinggi dan jumlah instrumen angket Potensi Kreatif sebanyak 30 soal dan 25 soal yang valid dengan reliabilitas 0,977 tergolong sangat tinggi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa uji korelasi antara variabel X1 dengan Y diperoleh bahwa rhitung = 0,318 dan nilai rtabel pada α = 5% adalah 0,268. Hal ini berarti rhiutng (0,318) > rtabel (0,268), maka hipotesis diterima. mDan untuk variabel X2 dengan Y diperoleh rhitung = 0,562 nilai rtabel pada α = 5%
adalah 0,268 . Hal ini berarti rhitung (0,562) > rtabel (0,268), maka hipotesis diterima. Sementara secara simultan variabel gaya belajar visual dan potensi kreatif memiliki hubungan signifikan terhadap kemampuan membaca gambar teknik. Hasil perhitungan : Fh = 14,44 harga Ft = 3,19 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Fh > Ft (14,44 > 3,19). Bahwa persamaan regresi Y = 79,01 + 0,29 X1 + 0,4 X2 dapat ditarik kesimpulan mengenai hubungan antara Gaya Belajar Visual dan Potensi Kreatif secara bersama-sama terhadap Kemampuan Membaca Gambar Teknik. Dengan demikian hipotesis terdapat hubungan positif antara
Gaya Belajar Visual dan Potensi Kreatif terhadap Kemampuan Membaca Gambar Teknik pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dapat diterima sebesar r = 0,609, menggunakan rumus product moment pada taraf signifikansi 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 065 |
Keywords: | Gaya Belajar Visual, Potensi Kreatif, Kemampuan Membaca Gambar Teknik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 14:50 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32983 |