HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR VISUAL DAN POTENSI KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SARAGIH S, JOSRI RAHAYU BR (2018) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR VISUAL DAN POTENSI KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 5133321034 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 5133321034 COVER.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5133321034 APRPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5133321034 APRPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5133321034 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5133321034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5133321034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5133321034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5133321034 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5133321034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5133321034 DRAW.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5133321034 DRAW.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5133321034 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5133321034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 5133321034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 5133321034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5133321034 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5133321034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya Hubungan Antara Gaya Belajar Visual dan Potensi Kreatif terhadap Kemampuan Membaca Gambar Teknik pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI program
keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan berjumlah 60 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian adalah 52 orang siswa kelas XI yang ditentukan secara acak. Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi, dimana data penelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel Gaya Belajar Visual dan Potensi Kreatif. Sedangkan untuk variabel Kemampuan Membaca Gambar Teknik dijaring dengan menggunakan dokumentasi nilai ujian. Jumlah instrumen angket Gaya Belajar Visual sebanyak 30 soal dan 25 soal yang valid dengan reliabilitas 0,975 tergolong sangat tinggi dan jumlah instrumen angket Potensi Kreatif sebanyak 30 soal dan 25 soal yang valid dengan reliabilitas 0,977 tergolong sangat tinggi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa uji korelasi antara variabel X1 dengan Y diperoleh bahwa rhitung = 0,318 dan nilai rtabel pada α = 5% adalah 0,268. Hal ini berarti rhiutng (0,318) > rtabel (0,268), maka hipotesis diterima. mDan untuk variabel X2 dengan Y diperoleh rhitung = 0,562 nilai rtabel pada α = 5%
adalah 0,268 . Hal ini berarti rhitung (0,562) > rtabel (0,268), maka hipotesis diterima. Sementara secara simultan variabel gaya belajar visual dan potensi kreatif memiliki hubungan signifikan terhadap kemampuan membaca gambar teknik. Hasil perhitungan : Fh = 14,44 harga Ft = 3,19 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Fh > Ft (14,44 > 3,19). Bahwa persamaan regresi Y = 79,01 + 0,29 X1 + 0,4 X2 dapat ditarik kesimpulan mengenai hubungan antara Gaya Belajar Visual dan Potensi Kreatif secara bersama-sama terhadap Kemampuan Membaca Gambar Teknik. Dengan demikian hipotesis terdapat hubungan positif antara
Gaya Belajar Visual dan Potensi Kreatif terhadap Kemampuan Membaca Gambar Teknik pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dapat diterima sebesar r = 0,609, menggunakan rumus product moment pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MSN 065
Keywords: Gaya Belajar Visual, Potensi Kreatif, Kemampuan Membaca Gambar Teknik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Mar 2019 14:50
Last Modified: 25 Mar 2019 04:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32983

Actions (login required)

View Item
View Item