GINTING, PRANTANA (2018) ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS VII SMP GBKP KABANJAHE T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2113311054 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM 2113311054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
3. NIM 2113311054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM 2113311054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 2113311054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 2113311054 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 2113311054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 2113311054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 2113311054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
12. NIM 2113311054 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
13. NIM 2113311054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 2113311054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP GBKP Kabanjahe tahun Ajaran 2016/2017 .Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VII dan siswa kelas VII dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri (human instrument). Untuk melihat bagaimana pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa digunakan teknik mencatat dan menganalisis. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa sudah memenuhi 9 langkah model pembelajaran dari 14 langkah model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dengan persentase 63%. Kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur dan cirri kebahasaan berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 66,31. Kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 71,21 dan kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan cirri kebahasaan berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 64,4.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 154 |
Keywords: | Model pembelajaran, teks laporan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 14:47 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32981 |