SINAGA, ANDRYAN CHRIS BASTOMMY (2018) HUBUNGAN ANTARA SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113111002 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 5113111002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3. NIM. 5113111002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM. 5113111002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. NIM. 5113111002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 5113111002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
7. NIM. 5113111002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM. 5113111002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM. 5113111002 BAB I.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
13. NIM. 5113111002 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM. 5113111002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara sikap siswa dalam pembelajaran gambar teknik dasar dengan prestasi belajar siswa.
Sikap siswa dalam pembelajaran gambar teknik dasar bermacam–macam, ada siswa yang menunjukan sikap positif dengan cara memperhatikan dan tenang dalam proses
pembelajaran, namun ada juga siswa yang menunjukkan sikap negatif dengan mengobrol sendiri dan tidak memperhatikan penjelasan guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Balige yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster sampling. Berdasarkan teknik cluster sampling diperoleh dua kelas yang digunakan sebagai sampel, yaitu ,kelas XTGB1 dan XTGB2 yang berjumlah 70 siswa. Pengambilan data dilakukan
dengan menggunakan kuesioner yang berisi skala sikap dalam pembelajaran gambar teknik dasar. Data prestasi belajar diambil berdasarkan nilai raport. Uji korelasi
Pearson Product Moment digunakan untuk mengetahui hubungan antara sikap siswa dalam pembelajaran gambar teknik dasar dengan prestasi belajar. Berdasarkan uji korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,268 dengan nilai signifikansi sebesar 0,235. Oleh karena nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel (0,268 >
0,235) artinya ada hubungan positif signifikan antara sikap siswa dalam pembelajaran gambar teknik dasar terhadap prestasi belajar namun dalam kategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa sikap siswa dalam pembelajaran gambar teknik dasar memberikan sumbangan sebesar 7,2% terhadap tinggi rendahnya prestasi belajar sedangkan 92,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar sikap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 053 |
Keywords: | sikap siswa, pembelajaran gambar teknik dasar, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 14:11 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32958 |