SIREGAR, FADILLAH HANUM (2018) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERADAPTASI SISWA DI MTS AMIN DARUSSALAM , PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123351006_COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 1123351006_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
3. NIM. 1123351006_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 1123351006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1123351006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1123351006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1123351006_BAB I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
7. NIM. 1123351006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
12. NIM. 1123351006_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13. NIM. 1123351006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik bermain peran terhadap kemampuan beradaptasi siswa kelas VIII MTs. Amin Darussalam T.A 2017-2018”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pre-test dan posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang siswa yang memiliki kemampuan beradaptasi yang cenderung rendah, dan akan diberikan layanan bimbingan kelompok teknik bermain peran. Data penelitian dikumpulkan dengan
menggunakan angket yaitu angket kemampuan beradaptasi. Dari hasil analisis diperoleh data pre-test kemampuan beradaptasi rata-rata = 61,58, termasuk kategori rendah dengan Standar Deviasi (SD) = 4,541. Sedangkan hasil analisisdata post-test rata-rata = 84,16, termasuk kategori tinggi dengan Standar Deviasi (SD) = 6,793. Teknik uji hipotesis mengunakan uji wilcoxon (J) dengan hasil Jhitung = 0 sedangkan untuk n – 12, a = 0,05 maka Jtabel = 14. Oleh karena itu J(0) <J0,05 (14) maka H0 ditolak. Artinya terdapat peningkatan kemampuan beradaptasi siswa di sekolah senilai 36,67%. Dengan demikian, Hipotesis diterima yang artinya ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik bermain
peran terhadap peningkatan kemampuan beradaptasi siswa MTs. Amin Darussalam T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 096 |
Keywords: | bimbingan kelompok, teknik bermain peran, kemampuan beradaptasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 14:04 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32952 |