Rambe, Ahmad Zulham (2019) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMK HARAPAN ALWASHLIYAH SIGAMBAL LABUHANBATU. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8166132004 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2 NIM 8166132004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (949kB) | Preview
3 NIM 8166132004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4 NIM 8166132004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5 NIM 8166132004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
6 NIM 8166132004 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 NIM 8166132004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8 NIM 8166132004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9 NIM 8166132004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
13 NIM 8166132004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
14 NIM 8166132004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penyusunan program supervisi akademik kepala sekolah SMK S. Harapan Al-Washliyah Sigambal Kabupaten Labuhanbatu; (2) pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah SMK S. Harapan Al-Washliyah Sigambal Kabupaten Labuhanbatu; dan (3) Tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah SMK S. Harapan Al-Washliyah Sigambal Kabupaten Labuhanbatu. (4) Serta untuk mengetahui kendala dan solusi dari pelaksanaan supervisi akademik. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru, serta pihak-pihak lain yang dianggap dapat memberikan jawaban atas masalah penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan : (1) Observasi; (2) Wawancara; dan (3) Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi supervisi akademik kepala sekolah SMK S. Harapan Al-Washliyah Sigambal terdiri dari : (1). Perencanaan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah denan cara memahami terlebi dahulu supervisi akademik, lalu kepala sekolah melakukan pengamatan terhadap kendala kendala yang dihadapi oleh guru guru yang ada disekolah, berdasarkan pengamatan kepala sekolah melakukan kordinasi dengan pengawas sekolah untuk membentuk instrument supervisi yang di gunakan kepala sekolah untuk membantu guru guru di sekolah. (2). Dalam pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala terkendala pada menepati jadwal pelaksanaan supervisi akademik karena kepala sekolah memiliki kegiatan nonakademik yang menyita waktu. (3). Kepala sekolah melakukan tinda klanjut dari pelaksanaan supervisi akademik dengan cara mereview hasil supervisi dengan guru yang bersangkutan dan memberikan masukan. (4). Kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah lebih kepada kendala teknis yaitu dalam membagi waktu untuk pelaksanaana supervisi akademik dan kurangnya pengetahuan kepala sekolah tentang supervisi akademik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Ram i |
Keywords: | Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Pengelolaan Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2366 College examinations L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2381 Academic degrees |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 10:35 |
Last Modified: | 01 Mar 2019 10:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32931 |