SIHOMBING, LARIA RONAULI (2018) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X AKUTANSI SMK NEGERI 1 SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143311027 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 2143311027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (887kB) | Preview
3. NIM 2143311027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM 2143311027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
5. NIM 2143311027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
6. NIM 2143311027 TABLES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM 2143311027 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM 2143311027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
9. NIM 2143311027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. NIM 2143311027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM 2143311027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X Akutansi SMK Negeri 1 Sidikalang. Analisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilihat dari Faktor Internal dan Faktor Eksternal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X jurusan Akutansi dan pengambilan sampel dengan pemilihan secara acak yaitu kelas X Akutansi 1. Adapun hasil penelitian ini yaitu pada Faktor Internal dapat dilihat dari hasil penelitian angket yaitu, indikator faktor fisiologis sebesar 16,42 %, indikator kecerdasan sebesar 8,35 %, indikator bakat sebesar 6,19 %, indikator minat sebesar 19,42 %, indikator motivasi sebesar 34,03 %, indikator perhatian sebesar 15,59 %, sedangkan pada Faktor Eksternal, indikator faktor keluarga sebesar 25,85 %, indikator faktor sekolah sebesar 63,77 % dan indikator faktor masyarakat sebesar 10,38%. Faktor yang paling dominan pada kesulitan belajar siswa kelas X Akutansi SMK Negeri 1 Sidikalang dalam pembelajaran bahasa indonesia yaitu, pada Faktor Internal adalah indikator motivasi dan indikator minat sedangkan pada Faktor Eksternal yang paling dominan adalah Faktor sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 030 |
Keywords: | Kesulitan Belajar Siswa, Faktor Internal, Faktor Eksternal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 16:26 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32914 |